Inilah 7 Tips Menjalani LDR agar Rumah Tangga Tetap Harmonis dan Langgeng

Source: growingself.com

Hai, Miks!

LDR (Long Distance Relationship) merupakan hubungan jarak jauh. Hubungan jarak jauh bisa karena tugas pasangan di luar kota, luar pulau bahkan luar negeri. Alasan pasangan yang sudah berumah tangga menjalani LDR di antaranya bisa karena faktor pekerjaan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Setelah menikah, tentunya setiap pasangan menginginkan tetap bersama dalam satu atap. Namun kenyataanya, terkadang hubungan LDR tidak dapat dihindari karena berbagai alasan tersebut.

Menjalani LDR tidaklah mudah, tak jarang karena tidak dapat menjaga hubungan LDR banyak pasangan yang hubungan rumah tangganya kandas. Kesetiaan dan kepercayaan pada saat menjalani hubungn jarak jauh menjadi prioritas dan hal yang paling wajib dilakukan.

Anda mengalami LDR? Lakukan beberapa tips berikut untuk menjaga hubungan agar tetap harmonis dan langgeng.

1. Menjaga Komunikasi

Di zaman yang sudah maju dibidang teknologi, tentunya sudah lebih mudah untuk menjalin komunikasi. Komunikasi tidak hanya mendengar suara, tetapi juga bisa visual seperti melakukan video call. Maka manfaatkanlah media yang ada untuk berkomunikasi yang baik dengan pasangan Anda. Komunikasi dapat dilakukan dengan hal-hal kecil seperti bertanya kabar, saling mengatakan rindu itu cukup membuat hubungan pasangan makin kokoh meski harus LDR.

2. Setia, Jujur, dan Saling Percaya

Jika komunikasi sudah Anda lakukan dengan baik. Berikutnya tentunya harus ada komitmen untuk saling setia dan menjaga kepercayaan setiap pasangan. Ketika kesetiaan, kejujuran, dan kepercayaan sudah tidak ada, maka jangan harap hubungan ini akan berhasil.

3. Atur Pertemuan

Buatlah perjanjian untuk saling bertemu. Misalnya dua minggu sekali, satu bulan sekali, atau sesuai waktu yang Anda inginkan. Dengan meluangkan waktu untuk bertemu, bisa menguatkan hubungan Anda. Dengan bertemu Anda dan pasangan bisa menghabiskan waktu berkualitas, salah satunya hubungan intim. Ini sangat bermanfaat untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

4. Mengikutsertakan Anak dalam Komunikasi

Jika Anda dan pasangan sudah memiliki anak sesekali sertakan anak untuk ikut berkomunikasi sehingga hubungan orang tua dan anak pun akan tetap terjaga dan menguatkan ikatan batin meskipun tidak langsung bertemu. Tanyakan tentang tumbuh kembangnya, sampaikan rasa sayang dan rindu Anda kepada anak dan pasangan.

5. Selalu Berpikir Positif

Menjalani LDR, maka tanamkan untuk selalu berpikir positif kepada pasangan Anda. Karena jika tidak hal yang terjadi adalah Anda akan selalu curiga, cemburu tak beralasan, yang mengakibatkan pertikaian dan pertengkaran. Jika hal itu terjadi maka kesetiaan, kejujuran, dan kepercayaan pun lama-lama akan berkurang.

6. Memanfaatkan LDR dengan Hal-Hal yang Bermanfaat

Hal bermanfaat yang bisa Anda lakukan misalnya dengan menekuni hobi Anda seperti literasi, berkebun, menjahit pakaian, dan lain-lain. Jika mungkin ketika bersama pasangan hanya fokus mengurus pasangan, rumah, dan anak-anak, maka dengan adan LDR anda bisa melanjutkan kegiatan atau hobi yang tertunda.

7. Saling Mendoakan

Doa merupakan senjata paling ampuh dalam setiap keadaan. Setelah segala upaya di atas kita lakukan maka jangan lupa doakan pasangan anda kapanpun dan di manapun untuk kebaikan rumah tangga agar tetap harmonis dan langgeng, diberi kemudahan dalam menjalani pekerjaannya atau pun pendidikannya. Doa merupakan kekuatan terbesar maka berdoalah dengan sungguh-sungguh. Doa yang baik akan memberikan sinyal positif untuk pasangan Anda.

Itulah tips menjalani LDR agar rumah tangga tetap harmonis dan langgeng. Semoga Anda semua yang sedang menjalani hubungan LDR dikuatkan dan berhasil melewatinya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like