Inilah 4 Rutinitas Baik Sehari-hari

Source: unsplash.com

Hai, Miks!

Pernahkah Anda mendengar suatu ucapan bahwa “bisa karena biasa?” Suatu hal yang terus dilakukan konsisten dapat berpengaruh dalam diri seorang. Kebiasaan buruk dapat membentuk pribadi yang buruk. Begitupun dengan kebiasaan baik dapat membentuk pribadi yang baik pula.

Kita diberikan akal sehat agar digunakan untuk memilah antara hal yang baik dan buruk. Sudah seharusnya kita melakukan kebiasaan baik dan menjauhi kebiasaan buruk. Hal ini bisa dimulai dari rutinitas harian yang kita lakukan. Berikut ini adalah pola hidup yang baik untuk dilakukan setiap hari:

1. Bangun Pagi

Bangun di awal waktu dan menghindari tidur di pagi hari, dapat mengurangi rasa malas. Tubuh akan terasa lebih segar dan bersemangat untuk melanjutkan kegiatan. Hiruplah udara segar di pagi hari dan berdiam sejenak untuk merilekskan pikiran. Banyak memikirkan hal positif dan bersyukur membuat hati tenang sehingga hari dimulai dengan ceria. Kemudian, lakukan pemanasan ringan untuk merenggangkan otot-otot tubuh.

2. Menyusun Agenda Harian

Anda hanya memiliki waktu sebanyak 24 jam dalam satu hari. Waktu yang tidak digunakan dengan baik akan terbuang sia-sia. Tidak jarang kita merasa waktu berjalan begitu saja tanpa melakukan kegiatan yang bermanfaat atau terkadang merasa bingung dalam membagi waktu untuk mencapai kegiatan tertentu. Nah, untuk mengatasinya dengan membuat agenda harian. Menyusun dan menuliskan semua rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam satu hari. Prioritaskan kegiatan terpenting untuk dilakukan serta menyesuaikan jam yang tepat. Lalu, lakukan secara bertahap apa yang telah tertulis dalam agenda harian. Dengan ini Anda tidak merasa waktu terbuang percuma atau bingung dalam melakukan berbagai macam kegiatan.

3. Mengatur Pola Makan

Menjaga kesehatan tubuh juga sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu caranya dengan mengatur pola makan yang baik. Seperti mengonsumsi sarapan setiap pagi hari, tidak makan berlebihan dan tidak segera tidur setelah makan. Perhatikan makanan yang akan dikonsumsi, makanlah makanan sehat dan aman untuk tubuh. Lengkapi dengan banyak meminum air mineral setiap hari.

4. Menutup Hari dengan Introspeksi Diri

Introspeksi diri tidak kalah penting dijadikan sebagai rutinitas harian. Kegiatan ini bisa dilakukan sebelum memejamkan mata untuk tidur di malam hari. Pikirkan perbuatan apa yang sudah dilakukan dalam satu hari. Bersyukur jika Anda sudah melakukan hal baik dan menyadari untuk tidak mengulangi perbuatan buruk yang telah dilakukan. Dengan ini Anda akan terbiasa untuk terus berusaha memperbaiki diri.

Nah, bagaimana, Miks, siap untuk memperbaiki hari dan berusaha menjadi lebih baik? Semoga berhasil menjalankan rutinitas baik ini, ya.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like