Inilah, 6 Makanan yang Harus Dibawa Ketika Mendaki Gunung

Source: mytrailco.com

Halo, Miks!

Punya hobi mendaki gunung? Pasti menyenangkan bisa mendaki bersama teman-teman atau keluarga. Mendaki di saat usia muda memiliki pengalaman yang indah yang tak terlupakan, bisa menikmati keindahan alam dan mengagumi kebesaran Tuhan yang Maha Esa atas semua karunia-Nya. Setelah sampai di puncak gunung, lelah, letih, dan kedinginan tergantikan dengan keindahan alam yang terpampang di depan mata.

Mengabadikan moment saat sunrise adalah keinginan terbesar dari para pendaki, menancapkan bendera negara kita, di beberapa gunung ternama baik di dalam negeri maupun luar negeri seperti gunung Himalaya adalah kebanggan tersendiri bagi para pendaki karena bisa menaklukkan alam yang tidak semua orang mau dan mampu untuk sampai ke sana.

Miks, mendaki tidak terlepas dari perbekalan yang harus disiapkan supaya tidak sakit ketika sudah sampai di atas gunung.

Ada 6 makanan yang harus dibawa ketika mendaki gunung, simak uraian di bawah ini.

1. Nasi atau Roti

Makanan pokok yang mengandung karbohidrat untuk menambah tenaga wajib dibawa ketika mendaki untuk bisa sampai ke puncak gunung.

2. Mi Instan

Makanan yang gampang dimasak dan mudah didapat adalah mi instan. Supaya mi instan ini mempunyai nilai gizi dan menambah tenaga ketika Anda mendaki bisa ditambahkan telur asin dan sayuran yang mudah dibawa dan simple seperti tomat.

3. Sarden atau Lauk Kalengan

Makanan kalengan yang mudah dimasak ketika berkemah. Tinggal memanaskan sarden sudah bisa langsung dikonsumsi.

4. Kering Tempe/Kentang/Abon/Dendeng

Lauk yang sudah dimasak, mudah dibawa dan tidak ribet dalam penyajiannya.

5. Buah

Bawalah buah yang banyak mengandung air seperti jeruk, pir dan apel yang mudah dibawa, supaya tubuh tidak dehidrasi karena kurang air minum dan vitamin.

6. Minuman Penghangat Badan

Tidak lupa membawa minuman yang bisa menghangatkan badan seperti jahe wangi, kopi, teh, dan aneka minuman lainnya. Dinginnya puncak gunung kadang membuat tubuh membutuhkan minuman yang bisa menghangatkan supaya bisa tidur nyenyak dan tidak gampang sakit karena suhu dingin di malam hari.

Selain bekal makanan yang sudah dipersiapkan para pendaki, tidak lupa pula perlengkapan diri yang tidak kalah pentingnya seperti jaket gunung, syal, topi, sepatu yang nyaman ketika mendaki. Perlengkapan kemah tenda, perlengkapan masak, obat-obatan, tali yang berfungsi keselamatan diri penting untuk dibawa ketika mendaki. Mengingat cuaca akhir-akhir ini yang kurang bersahabat, panas di siang hari dan dingin di malam hari yang membuat tubuh lemah, para pendaki harus menjaga kondisi dengan baik.

Miks, itulah makanan dan perlengkapan yang perlu dipersiapkan ketika mendaki gunung. Ketika mendaki gunung Anda harus bisa membawa diri dengan baik, jaga sikap, mengikuti jalur pendakian yang aman, serta tidak membuang sampah sembarangan. Sebagai pencinta alam yang baik, harus mampu menjaga dan melestarikan alam dengan baik. Semoga bermanfaat.

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like