Jangan Asal Selfie! Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengunggah ke Internet

Source: unsplash.com

Hai, Miks!

Hadirnya kamera digital dalam genggaman berupa ponsel dengan kemampuan merekam gambar dan video berkualitas bagus, membuat banyak orang terbiasa mengabadikan momen-momen. Kebiasaan selfie pun sudah menjamur ke setiap pengguna ponsel pintar atau smartphone.

Selfie merupakan aktivitas memotret diri sendiri atau beramai-ramai. Tidak hanya sampai di situ, biasanya setelah selfie, mereka akan mengunggahnya ke media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Tidak ada yang salah dari hobi selfie itu sendiri.

Terkadang, kita pun ingin membagikan momen-momen penting atau mengabadikan kejadian yang tak terlupakan untuk masyarakat luas. Namun, terkadang ada saja masalah yang timbul setelah mengunggah foto selfie. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunggah foto selfie di internet:

1. Pose Selfie

Berbagai pose akan dilakukan untuk menghasilkan foto selfie yang unik dan menarik, bahkan demi mendapatkan pose tidak biasa, ada yang sampai rela berada di tepi jurang. Namun, dari semua pose, ada pose yang harus dihindari, yaitu pose vulgar. Pose dengan menampilkan bagian-bagian tubuh yang tidak seharusnya terlihat atau pose setengah telanjang, termasuk pose vulgar. Hal ini harus dihindari sedemikian rupa, apa lagi jika ingin mengunggah foto selfie tersebut ke internet.

2. Kondisi Lingkungan Sekitar

Tidak sedikit berita yang mengabarkan foto selfie berujung petaka. Demi mendapatkan foto selfie beda dari yang lainnya, seseorang sanggup berada di ujung jurang dengan ketinggian tertentu, masuk ke dalam sungai dengan kedalaman tertentu, dan sebagainya. Sebelum mengambil foto selfie, perhatikan terlebih dahulu kondisi lingkungan sekitar. Apakah aman? Apakah pantas untuk foto selfie? Dan seterusnya.

3. Siapa yang Melihat?

Ketika akan mengunggah foto ke internet, perlu diperhatikan juga siapa yang akan melihat foto tersebut. Tentunya, akan berbeda foto yang dilihat oleh guru dengan teman sebaya. Akan tetapi, satu hal yang pasti adalah bahwa foto yang telah diunggah di internet apa lagi media sosial yang bersifat publik, dapat dilihat oleh semua orang. Jangan sampai foto yang telah diunggah tersebut dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

4. Jangka Waktu

Ingatlah, bahwa foto selfie yang telah diunggah di internet memiliki jangka waktu yang sangat panjang, bahkan mungkin bisa selamanya foto tersebut beredar di internet. Maka perhatikan dan pikirkan terlebih dahulu sebelum mengunggahnya ke internet.

Nah, demikian yang harus diperhatikan sebelum mengunggah foto selfie ke internet. Jadi, pikirkan kembali matang-matang untuk mengunggah foto selfie ke internet, apa lagi jika foto tersebut adalah foto anak dan keluarga yang kita cintai.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like