3 Tips Tetap Enjoy Menikmati Beragam Makanan Tanpa Risau Urusan Berat Badan

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Sebagian wanita tidak mampu mengontrol nafsu makan sehingga berat badan terus bertambah. Akibatnya bentuk tubuh pun menjadi tidak ideal. Hal ini membuat para wanita mengalami krisis percaya diri. Merasa tidak nyaman melihat bentuk tubuh sendiri. Akan tetapi, mengubah kebiasaan makan dalam porsi besar itu tidak mudah. Butuh niat dan tekad sekeras baja untuk dapat melakukannya.

Karena susahnya mengubah pola makan, tak jarang wanita mencoba cara instan untuk bisa mendapatkan bobot tubuh sesuai impian. Salah satunya dengan konsumsi obat pelangsing. Sayangnya, minum obat penurun berat badan atau pelangsing pun ada risikonya. Selain membahayakan tubuh, biasanya jika berhenti mengonsumsi obat-obatan pelangsing, justru berat badan akan naik melebihi sebelumnya. Nah, kali ini kita simak beberapa tips agar tetap enjoy menikmati makan, tanpa khawatir bobot tubuh jadi naik drastis, yuk!

1. Kenali Jenis Makanan yang Anda Konsumsi

Bagi orang yang terbiasa makan dalam porsi besar, tentu akan sangat tersiksa ketika harus memulai program diet dengan mengurangi makan atau malah tidak makan sama sekali. Maka hal yang harus Anda lakukan adalah mengenali jenis makanan yang dapat memicu meningkatnya berat badan.

Kemudian, kurangilah konsumsi jenis makanan ini atau sebisa mungkin hindari. Makanan yang memicu peningkatan berat badan adalah makanan yang mengandung zat glukosa atau kalori tinggi. Makanan ini banyak terdapat pada olahan berbahan dasar beras dan produk gandum.

Beragam jenis olahan dari kedua bahan dasar tersebut tentu sangat menggiurkan, tetapi mengonsumsinya melebihi kebutuhan kalori yang kita perlukan, justru akan menambah timbunan lemak dalam tubuh kita.

2. Atur Pola Makan

Mulailah mengatur pola makan. Anda tetap bisa makan satu piring penuh seperti biasanya. Jadi, setelah memilah dan mengetahui jenis makanan yang harus Anda kurangi, gantilah dengan menambah sumber lain yang kaya serat. Serat akan membantu mengikat lemak-lemak sehingga memaksimalkan pembakaran kalori dalam tubuh. Contoh, satu porsi nasi beserta lauk pauknya. Apabila biasanya satu porsi Anda isi dengan lebih banyak nasi, maka kali ini harus dikurangi.

Anda dapat melakukannya secara perlahan, mulai dari seperempat piringnya, atau jika ingin hasilnya terlihat maksimal langsung kurangi setengah atau tiga perempatnya. Kemudian, untuk mengembalikan porsi agar tetap penuh satu piring, ganti karbohidrat dengan bahan kaya serat seperti sayuran serta lauk pauk. Jangan tinggalkan buah-buahan juga, ya.

Pertahankan pola makan tersebut dalam masa yang sudah Anda tentukan. Anda akan merasakan perubahannya. Jika tahap pertama telah berhasil, tingkatkan lagi. Kurangi lebih banyak lagi bahan berkarbohidrat tinggi hingga Anda terbiasa untuk sedikit mengonsumsi atau benar-benar mampu untuk tidak menjadikannya makanan yang memenuhi piring.

Selanjutnya, Anda dapat mengganti bahan makanan tersebut dengan jenis lain yang rendah karbohidrat seperti, jagung, ubi atau jenis umbi-umbian, dan lainnya. Hindari pula makanan berminyak atau gorengan. Hal ini dikarenakan makanan berminyak mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga dapat menghambat proses penyerapan dan metabolisme dalam tubuh.

3. Olahraga

Selanjutnya adalah olahraga secara teratur. Poin yang harus Anda pahami bahwa aktivitas padat di kantor umumnya akan menimbulkan rasa lelah luar biasa. Nah, Anda perlu rileksasi guna menyegarkan kembali badan serta pikiran. Otot-otot Anda yang lelah setelah melakukan aktivitas monoton memerlukan peregangan.

Olahraga berfungsi melancarkan peredaran darah, memaksimalkan pembakaran, juga membantu sirkulasi pergantian oksigen dalam rongga-rongga tubuh, membantu menimbulkan sugesti positif dalam alam pikiran, hingga meningkatkan semangat hidup dan semangat menyongsong hari esok.

Pola makan seperti ini memang tidak akan secara signifikan langsung terlihat hasilnya. Memerlukan banyak ketekunan dan disiplin diri yang tinggi. Akan tetapi, hasilnya justru akan terasa sangat maksimal, karena selain kita mampu menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat, bentuk tubuh ideal pun akan didapat. Maka pupuklah kebiasaan baik tersebut sehingga Anda tidak akan mengalami banyak kesulitan dalam melakukannya. Ingat, pola makan yang baik akan membuat kesehatan tubuh semakin terjaga.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like