Inilah 6 Manfaat Menulis Bagi Kesehatan

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Menulis merupakan hal yang sudah sering dilakukan dan dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Menulis tidak hanya dilakukan oleh seorang penulis saja, tanpa disadari anda mungkin sudah sering melakukan hal satu ini. Dari mulai sekolah hingga kehidupan sehari-hari. Entah menulis untuk mencatat sesuatu hal penting, resep masakan, menulis curahan hati atau diary, dan lain-lain.

Apa yang Anda rasakan setelah menulis? Adakah perubahan pada diri Anda? Misalnya dapat merasakan kepuasan tertentu, bahkan mungkin merasa terbantu dan membawa perubahan besar dalam hidup Anda. Jika jawabannya adalah iya, tanpa anda sadari menulis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaatnya? Inilah manfaat menulis bagi kesehatan, yaitu:

1. Membantu Menstabilkan Emosi

Meluapkan dan mengekspresikan emosi melalui tulisan ternyata terbukti dapat mempercepat menstabilkan emosi. Dengan menulis, maka emosi tidak akan meluap kepada hal-hal yang tidak diinginkan seperti melakukan kekerasan, menyakiti diri sendiri, melontarkan kata-kata yang akan menyakiti orang lain, dan hal negatif lainnya.

2. Menyembuhkan Depresi

Dengan menuangkan segala tekanan yang kita rasakan dalam bentuk tulisan bermanfaat dapat mengurangi frekuensi pikiran negatif yang mengganggu dan membuat pikiran lebih tenang sehingga anda dapat berdamai dengan trauma masa lalu. Menulis juga dapat membantu Anda untuk melepaskan emosi yang tertahan yang dapat membuat Anda stres. Selain itu, menulis juga dapat membantu Anda mendeteksi pola tidak sehat pada perilaku dan pikiran dan menemukan apa yang sebenarnya membuat stres.

3. Meningkatkan Imunitas

Menulis juga bermanfaat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dan membantu mempercepat penyembuhan berbagai macam penyakit karena tekanan dan rasa tak berdaya saat sakit, dapat diekpresikan dengan menulis. Sehingga luapan emosi dan energi negatif keluar dan memberikan efek bagi diri Anda pulih dari segala penyakit.

4. Memperkuat Memori

Menulis dapat mengaktifkan reticular activating system (RAS) di otak, yang merupakan sistem yang bertanggung jawab dalam penyaringan informasi. Ingatan bersifat selektif sehingga dapat fokus dengan informasi. Selain itu juga dapat meningkatkan konsentrasi dan menghindarkan Anda dari penyakit pikun.

5. Meningkatkan Rasa Bersyukur

Rasa bersyukur dapat dilakukan dengan mengingat banyaknya nikmat dan karunia yang sudah Tuhan beri dalam hidup. Hal ini terbukti sebagai salah satu cara ampuh untuk meningkatkan pandangan hidup. Dengan berayukur hidup menjadi lebih positif dan termotivasi tentang situasi saat ini dan masa depannya.

6. Membuat Tujuan Hidup Lebih Tertata

Kenapa demikian? Karena dengan menulis semua target yang ingin Anda capai dapat terlihat, mana yang harus menjadi prioritas dan bukan. Perubahan atau resolusi kehidupan juga jadi bisa Anda ketahui, mana yang sudah tercapai dan mana yang harus masih perlu diperjuangkan.

Ketika resolusi belum tercapai, maka dengan adanya reminder atau pengingat melalui tulisan maka Anda akan terpacu untuk lebih produktif dan mengupayakan agar mencapai impian.

Ketika Anda sudah produktif menulis, maka akan membuat Anda kreatif. Dengan kreativitas yang ada, menulis pun dapat membuat Anda menghasilkan pundi-pundi uang jika bisa publish. Misalnya dengan menulis karya ilmiah, artikel, jurnal, novel, cerpen, puisi, dan lain-lain.

Itulah 6 manfaat menulis bagi kesehatan. Jadi, jangan ragu mengekspresikan apa pun kegiatan yang Anda lakukan dalam bentuk tulisan karena menulis bisa bermanfaat sebagai terapi ampuh agar membuat hidup lebih bahagia dengan apapun keadaan yang dijalani.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like