Jangan Sampai Menyesal! Ingatlah 5 Perkara Ini dan Lakukan yang Terbaik

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Dalam Al-Qur’an surat Al ‘Asr, Allah bersumpah dengan masa atau waktu. Hal tersebut, mengindikasikan betapa pentingnya seseorang untuk memanfaatkan waktu mereka dengan sebaik-baiknya, bahkan kata bijak mengatakan, “Times is Money.” Yang berarti, waktu adalah uang.

Selanjutnya, Allah juga mengingatkan kepada hamba-Nya, bahwa sesungguhnya manusia mengalami kerugian. Dalam setiap waktu yang berjalan dengan cepat, terkadang kita tidak menyadari bahwa waktu berlalu begitu saja, padahal belum banyak hal yang dilakukan.

Misalkan saja, ketika melihat anak-anak sudah dewasa, maka sebagai orang tua kita merasa baru kemarin melahirkannya dan belum melakukan banyak hal untuk mereka. Seringkali kita merasa waktu begitu cepat berlalu.

Dalam lirik di lagu berjudul Demi Masa yang dibawakan oleh grup nasyid Raihan, diingatkan 5 perkara sebelum 5 perkara yang membuat kita akan menyesal jika menyia-nyiakannya. Apa saja? Chek this out!

1. Muda Sebelum Tua

Ketika melihat rambut smakin banyak yang memutih, menandakan umur yang tidak lagi muda. Tidak sedikit yang menyesalinya karena merasa kehidupan saat mudanya telah sia-sia. Banyak hal yang belum bisa dicapainya, banyak hal yang masih harus dikejar, belum maksimal dalam beribadah ketika muda. Sementara itu, ketika umur menua, gerak semakin terbatas dan kondisi tubuh yang makin melemah.

2. Kaya Sebelum Miskin

Salah satu fitnah manusia di dunia adalah harta. Seringkali, seseorang menjadi gelap mata karena memiliki banyak harta. Ketika memiliki harta yang banyak, sifat kikir mulai menguasai. Akibatnya, sedekah pun makin sulit. Ketika memiliki banyak harta, tidak kuat menahan godaan berfoya-foya, akibatnya hartanya habis tanpa bekas. Ketika miskin, banyak hal yang disesali. Maka, ketika kondisi kaya, bijaklah dalam mengelola harta agar tidak menyesal ketika miskin.

3. Sehat Sebelum Sakit

Merasa sehat belum tentu selamanya. Maka, ketika badan terasa sehat, jagalah dengan pola hidup dan pola makan yang baik dan halal. Jangan sampai menyesal ketika sakit.

4. Lapang Sebelum Sempit

Waktu luang memang seringkali mematikan dan membuat kita lalai. Maka, selalu ingatlah bahwa waktu lapang harus digunakan sebaik-baiknya untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas diri. Sebelum, kita sibuk dengan hal lainnya.

5. Hidup Sebelum Mati

Orang-orang yang beragama, mempercayai adanya hari setelah kematian. Di mana amal dan dosa diperhitungkan dan dibalas dengan seadil-adilnya. Kehidupan di dunia hanyalah sementara. Maka, gunakanlah waktu hidup dengan bijak sebelum menyesal ketika kematian datang.

Demikian beberapa 5 perkara yang harus kita ingat dan bijak dalam mengisinya. Allah memberikan solusinya agar tidak menjadi manusia yang merugi dalam ayat terakhir Al-Qur’an surat Al-‘Asr yang artinya, “Beriman, beramal saleh, dan saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran.”

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like