Tips Mudah Menghapal Al-Qur’an untuk Anak

Source: kumparan.com

Hai, Miks!

Banyak orang tua yang menginginkan anak-anaknya menjadi generasi penghafal Al-Qu’ran. Bukan hanya untuk kepentingan dunia, tetapi juga untuk kepentingan akhirat. Masa anak-anak memang merupakan masa keemasan seseorang dalam menghafal.

Beberapa alasan anak lebih mudah menghafal adalah karena diyakini hati mereka masih suci, belum tersentuh dosa kecil atau pun dosa besar. Selain itu, otak anak lebih mudah menerima dan merekam apa yang mereka lihat dan dengar.

Oleh karena itu, masa anak-anak merupakan saat yang direkomendasikan dalam membiasakan untuk menghafal Al-Qur’an. Berikut beberapa tips mudah yang bisa orang tua lakukan dalam rangka membantu proses anak menghapal Al-Qur’an.

1. Menemani

Lakukanlah kegiatan menghafal Al-Qur’an secara bersama-sama. Baik berjamaah bersama keluarga atau dengan orang tua. Sebab, semangat menghafal bersama tentunya lebih tinggi dibandingkan semangat ketika menghafal sendiri. Selain itu, dengan orang tua juga ikut menemani menghafal, maka anak akan mencontoh untuk juga ikut menghafal. Sekali lagi, teladan dan contoh dari orang tua merupakan pelajaran terbaik bagi anak-anak.

2. Merekam dan Mendengarkan

Anda dapat merekam ayat Al-Qur’an yang sedang dihafal oleh anak-anak atau dapat juga mengunduh rekaman dari beberapa imam yang membaca Al-Qur’annya sudah tartil. Kemudian, sering-seringlah mengulang rekaman tersebut sehingga dapat didengar anak. Waktu yang sangat baik untuk mengulang adalah ketika anak akan tidur. Sebab, di waktu ini anak memasukkan apa yang dilihat dan didengarnya ke dalam memori bawah sadar jangka panjangnya.

3. Mengulang atau Memurojaah

Terakhir, teruslah ajak anak untuk tidak bosan mengulang atau memurojaah hafalan mereka. Banyak orang yang lupa hafalan Al-Qur’annya karena jarang sekali memurojaah hafalannya. Oleh karena itu, sangat perlu kiranya untuk memurojaah hafalan mereka dalam jeda waktu yang ditentukan agar hafalan tersebut tetap ada dalam ingatan mereka.

4. Kenalkan dengan Guru

Belajar tanpa seorang guru, bagai penjelajah tanpa peta, bisa tersesat. Begitu juga menghapal Al- Qur’an, pilihlah guru Al-Qur’an yang bacaannya sudah mumpuni untuk ikut serta mendampingi belajar anak. Bagaimana pun hebatnya orang tua, butuh seorang guru juga untuk mendampingi anak-anak dalam mencari ilmu. Ketika dalam majelis ilmu, anak juga belajar bagaimana tingginya derajat bagi seseorang yang menggali ilmu Allah.

Demikian sedikit tips yang bisa orang tua lakukan agar anak mudah menghafal Al-Qur’an. Selamat mencoba dan semoga anak-anak kita bisa menjadi generasi penghafal Al-Qur’an.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like