3 Tips Sukses Produktif dari Rumah

Source: unsplash.com

Hai, Miks!

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang luar biasa pada tatanan kehidupan masyarakat. Anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah merupakan salah satu upaya guna menekan penyebaran dan penularannya. Sebagai warga negara yang baik tentu upaya yang dilakukan pemerintah perlu didukung agar kondisi kembali normal dan masyarakat dapat beraktivitas lagi. Wajar jika sebagian besar masyarakat merasa khawatir akan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Terutama bagi para pekerja yang terdampak pengurangan karyawan dari tempatnya bekerja.

Bagaimana mereka memenuhi kebutuhan jika berada di rumah? Tentu kondisi seperti ini membutuhkan jalan keluar dan sangat mendesak untuk segera diselesaikan. Pemerintah memberikan bantuan sebagai salah satu jalan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan. Hal ini perlu mendapatkan apresiasi dari masyarakat atas solusi yang diberikan. Tidak semua kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi oleh pemerintah karena keterbatasan anggaran yang dimiliki. Untuk itu masyarakat perlu berpikir mengenai solusi lain dalam menjawab kondisi yang dihadapi.

Produktif dari rumah adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan. Adapun produktif dari rumah yang dimaksud adalah melakukan aktivitas yang bermanfaat dan menghasilkan serta bernilai jual sehingga dapat memiliki penghasilan dari rumah dan tetap dapat memenuhi kebutuhan keluarga dengan baik. Salah satu contoh produktif dari rumah adalah berbisnis secara online dengan menjadi reseller atau memproduksi langsung suatu produk maupun jasa.

Untuk bisa sukses produktif dari rumah, seperti berbisnis online diperlukan beberapa tips yang dapat dipelajari dan diimplementasikan. Tips sederhana ini sangat mudah dipraktikkan bagi siapa saja yang ingin sukses produktif dari rumah.

1. Selalu Terhubung

Selalu terhubung artinya dapat dengan mudah ditemukan, diakses, dan dihubungi oleh orang lain. Produktivitas yang telah dilakukan perlu disosialisasikan kepada masyarakat yang lebih luas, mudah diakses dan dihubungi untuk memberikan feedback. Terhubung adalah hal penting guna produktif dari rumah. Diperlukan prasana dan sarana guna mendukung hal tersebut.

Internet adalah prasarana yang sangat mendukung untuk menghubungkan masyarakat dengan banyak hal. Saat ini, kuota internet sudah sangat terjangkau sehingga memudahkan masyarakat untuk memiliki jaringan internet. Gunakan internet dengan bijak untuk menambah informasi dan berbagi informasi, terutama mengenai apa yang akan dijual, sedangkan sarananya adalah media sosial dan market place sehingga yang sangat memungkinkan terhubung dengan lebih banyak orang. Untuk itu memiliki akun pada media sosial dan market place adalah hal yang sangat penting dan perlu dilakukan.

Adapun media sosial yang sangat membantu memberikan ruang bagi masyarakat yang ingin menjalankan bisnis online sebagai upaya menghasilkan atau produktif dari rumah adalah Whatsapp, Facebook, Instagram, Telegram, dan YouTube. Media sosial tersebut memudahkan masyarakat untuk senantiasa terhubung dengan banyak orang. Melakukan sosialisasi terhadap produk dan jasanya, seperti harga, jenis produk/jasa, kegunaan, bentuk, bahan atau komposisi, tempat perolehan, kemasan dan sebagainya.

2. Aktif Berbagi Informasi di Media Sosial

Aktif menggunakan media sosial untuk hal yang produktif, seperti berbagi mengenai produk/jasa yang dimiliki, wawasan mengenai suatu hal yang bermanfaat, aktif berkomentar positif dan bagikan kalimat motivasi yang memberikan semangat dan inspirasi. Hindari berbagi sesuatu yang negatif dan kontroversial. Hal ini menghindari pertemanan yang terbatas karena yang dicari adalah jaringan pertemanan yang luas.

Melalui media sosial kita dapat mencari dan mencuri perhatian banyak orang sehingga penting mempersiapkan apa yang akan dibagikan. Ketika banyak orang menilai positif mengenai akun media sosial kita, maka akan mudah menawarkan apa yang akan dijual. Karena yang ditawarkan adalah sesuatu yang bermanfaat dan percaya akan siapa yang menawarkan. Terkadang sebagian orang melakukan transaksi secara online karena kepercayaan atau rasa percaya.

Jadi aktif dalam media sosial adalah dalam rangka membangun jaringan, interaksi sosial, dan kepercayaan. Ketiga hal ini menurut Fukuyama adalah sebuah modal sosial. Modal sosial sangat penting digunakan dalam membangun bisinis yang produktif. Perlu diingat, setiap kali berbagi melalui media sosial, selalu sisipkan brand atau merek usaha kita, agar orang akrab dengan bisnis kita.

3. Bangun Kepercayaan di Market Place

Inti dari membangun kepercayaan adalah berikan layanan prima, jujur, dan memberikan harga terbaik kepada pelanggan. Hal ini berpengaruh terhadap tinjauan pengguna di toko online yang kita miliki. Sebagian besar orang melakukan belanja online yang akan dilihat adalah tinjauan dari pelanggan sebelumnya yang sudah melakukan transaksi. Hal ini menjadi pertimbangan penting.

Nah, sederhana bukan untuk memulai dan melakukan hal yang produktif dari rumah? Dengan selalu terhubung dan aktif di media sosial serta market place kita dapat membangun jaringan, kepercayaan, dan interaksi sosial kepada masyarakat lebih luas. Modal penting dalam membangun dan menjalankan bisnis di samping modal dalam bentuk materi.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like