7 Permainan yang Bisa Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil

Source: lifestyle.kompas.com

Hai, Miks!

Bermain adalah fitrah anak-anak. Hampir seluruh kegiatan anak adalah bermain, bahkan saat sekolah PAUD dan Taman Kanak-kanak, belajar pun dikemas dalam bentuk permainan. Tahukah Anda apa manfaat bermain bagi anak?

Ternyata, bermain besar sekali manfaatnya. Selain untuk melatih kreativitas, mengembangkan pola sosialisasi dan emosi, bermain juga penting untuk melatih mental, motorik, juga daya analisis. Bermain membuat anak menjadi gembira karena memang dunia mereka. Namun, sebenarnya orang tua bisa mengarahkan agar waktu anak digunakan untuk melakukan permainan yang dapat meningkatkan kecerdasan. Jadi, tidak hanya mengisi waktu dan menambah kesenangan semata. Apa saja permainan yang dapat meningkatkan kecerdasan si kecil?

1. Bermain Monopoli

Jangan anggap enteng permainan yang satu ini. Selain seru, bermain monopoli bermanfaat untuk mengasah keterampilan, melatih memecahkan masalah, dan melatih mengatur keuangan. Tidak hanya itu, anak akan belajar sabar dan belajar berinteraksi yang baik.

2. Bermain Ular Tangga

Jangan remehkan pula permainan ini. Anak yang diajak bermain ular tangga akan belajar mengenal angka dan berhitung dengan riang. Selain itu, juga melatih kesabaran anak dan mengenalkan tentang beratnya sebuah perjuangan.

3. Bermain Congklak

Permainan tradisional yang satu ini tergolong sederhana dan reaktif mudah memainkannya. Anak tidak hanya akan berlatih berhitung, tetapi juga berlatih menganalisa dan mengambil keputusan penting. Salah mengambil keputusan, bisa kalah. Seru, kan?

4. Bermain Petak Umpet

Kalau ingin anak bermain dengan bahagia yang tidak biasa, petak umpet adalah pilihan cerdas. Selain menyenangkan, petak umpet melatih anak berhitung, bersabar, kreatif, dan sportif.

5. Bermain Puzzle

Permainan yang satu ini merangsang anak untuk berpikir. Tidak hanya itu. Menyatukan kepingan puzzle dapat melatih emosi, koordinasi tangan dan mata, ketelitian, serta ketekunan.

6. Bermain Tebak Lagu

Permainan tebak gambar efektif melatih anak untuk bersabar, teliti dan konsentrasi. Anak yang suka bermain tebak gambar akan memiliki kecerdasan spasial yang baik.

7. Bermain Peran

Permainan ini biasanya disukai anak perempuan. Selain melatih daya imajinasi, juga bisa melatih verbal anak. Mereka lambat laun belajar memahami suatu karakter dan mengambil sisi baik dari karakter itu.

Itulah tujuh permainan yang bisa meningkatkan kecerdasan anak. Tidak harus dengan gawai, kan? Semua permainan itu membuat anak bergembira bersama dan menjadikan terampil bersosialisasi.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like