3 Kategori Kepribadian Anak dan Kelebihannya

Source: dfunstation.com

Hai, Miks!

Apakah Anda sudah mengenal kepribadian buah hati Anda?

Seorang psikolog asal Swiss Carl Gustav Jung, mengungkapkan bahwa konsep dan tolak ukur utama dalam melakukan analisa psikologi yaitu dengan meneliti sifat seseorang, apakah orang tersebut dalam kategori introver, ekstrover, atau ambiver.

Untuk lebih memahami kepribadian anak, yuk, kita simak kelebihan tiap kategorinya.

1. Kategori Introver

Seseorang introver sangat senang untuk melakukan aktivitas yang bersifat soliter (dilakukan sendirian tanpa bantuan orang lain). Walaupun begitu kepribadian introver tidak tertutup dalam interaksi sosial.

Seseorang dengan kepribadian introver memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melakukan analisa hal-hal rumit karena mereka lebih mudah berkonsentrasi saat memecahkan masalah.
Buah hati yang memiliki kepribadian ini tidak bisa disalahkan saat dia ingin mengerjakan tugas sendiri.

Mereka memang membutuhkan ketenangan dalam berpikir. Di luar situasi yang membutuhkan pemikiran ekstra kepribadian ini mampu berinteraksi. Saat sang buah hati sedang ingin berdiam dalam kamar, itu dapat menandakan dia ingin berpikir penuh dalam mengerjakan tugas dan idenya akan sulit keluar saat berada dalam keramaian.

Miks, bisa memberinya buku dongeng dan memintanya menyampaikan dongeng yang dibacanya kepada teman-temannya atau anggota keluarga agar kepribadian ekstrovernya terasah.

2. Kategori Ekstover

Sang buah hati senang bermain bersama-temannya? Itulah salah satu kelebihan ekstrover adalah senang bermain bersama teman-temannya. Kepribadian extrover cenderung bersemangat di lingkungan yang interaktif, supel, dan senang bertukar informasi. Mereka senang bekerja dalam kelompok, percaya diri, dan lebih senang menjadi pembicara daripada pendengar.

Beberapa anak memiliki kepribadian extrover. Kepribadian ini kebalikan dari introver. Berbeda dengan introver, buah hati dengan dengan kepribadian ekstrover tidak menyukai situasi yang sepi.

Mereka menyenangi hal-hal yang dapat mencairkan suasana. Latihlah buah hati untuk mengerjakan tugasnya secara mandiri di tempat yang agak sepi agar kepribadian introvernya pun muncul. Dengan demikian dalam mengerjakan tugas tidak tergantung harus bersama teman-temannya.

3. Kategori Ambiver

Ambiver merupakan gabungan antara introver dan extrover. Ambiver bisa mengatur perilaku (menyesuaikan diri), menjadi pendengar yang baik, dan mengerti situasi seseorang. Kepribadian ambivert bersifat netral, dia bisa berada dalam situasi sepi ataupun dalam keramaian. Buah hati dengan kepribadian ini mudah menyesuaikan dengan semua keadaan. Dia sangat cocok dalam kelompok mana pun karena jiwanya lebih stabil.

Memiliki kepribadian introver, eksrover, atau ambiver merupakan keunikan setiap anak. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Tanamkan kepada buah hati bahwa kelebihan yang dimiliki harus terus dipupuk dan dimanfaatkan untuk membantu seseorang. Sementara itu, kekurangan yang ada jangan dijadikan alasan untuk menyerah. Ajak mereka untuk selalu belajar agar bisa memetik pengalaman dan menjadikan pribadi yang tangguh.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like