Inilah 3 Tanda Utama Sistem Imun Tubuh Melemah dan Cara Mengatasinya

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Di masa sekarang menjaga imunitas tubuh sangat penting. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, menjaga imunitas merupakan hal wajib untuk dilakukan dan menjadi prioritas karena dengan imunitas yang kuat anda akan kebal dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin mengintai tubuh.

Sistem imun atau kekebalan tubuh terbentuk dari sekumpulan sel terutama sel darah putih, antibodi, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, jamur, parasit, dan bakteri.

Sistem imun yang lemah membuat Anda akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, penting sekali mengenali tanda melemahnya sistem imun dan cara menjaga serta meningkatkan sistem imun agar tumbuh kembali dan kebal terhadap berbagai penyakit.

Anda mau tahu  tanda sistem imun tubuh melemah dan cara mengatasinya? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Stres

Stres atau rasa tertekan berarti hormon kortisol anda meningkat. Jika terjadi dalam jangka panjang dapat melemahkan sistem imun karena ketika hormon kortisol meningkat, otomatis limfosit atau sel darah putih akan ikut menurun. Jika limfosit menurun maka akan anda akan mudah terserang penyakit karena limfosit memiliki peran peran sebagai antibodi dan melawan infeksi juga virus.

Untuk itu cara mengatasinya sebisa mungkin kendalikan stres Anda. Lakukan olahraga khususnya relaksasi karena dengan berolahraga akan membuat tingkat stres anda menurun. Selain itu, nikmati dan jalani hari-hari Anda seberat apa pun dan bangunlah bahagia dalam diri.

2. Mudah Lelah

Anda mudah lelah? Waspadai! Karena bisa jadi hal ini tubuh anda mengalami penurunan imun.
Cara mengatasinya yaitu Anda harus cukup istirahat, tidur yang cukup, dan menerapkan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan mengonsumsi sayur, buah, dan sesekali minum suplemen peningkat imunitas. Sayuran yang dapat memperkuat sistem imun antara lain, brokoli, bayam, bawang putih, kunyit, cabai, paprika. Selain itu, buah juga diperlukan. Buah yang baik untuk imun tubuh, Anda dapat mengkonsumsi pepaya, jeruk, lemon, kiwi, jambu, stroberi, dan mangga.

Makanan laut seperti ikan, kerang, dan tiram juga dapat membantu meningkatkan imun tubuh. Semua makanan tersebut bagus dikonsumsi karena banyak kandungan antioksidan,  kaya vitamin yang dapat menyehatkan tubuh.

3. Mengalami Gangguan Kesehatan 

Bila Anda mengalami gangguan kesehatan khususnya flu,  meriang,  dan gangguan pencernaan yang tak sembuh-sembuh, ini juga salah satu tanda melemahnya imun tubuh. Gangguan pencernaan yang biasa dialami saat imun lemah, yaitu sering mengalami kembung, diare atau sembelit. Maka, ketika itu terjadi Anda patut waspada.

Cara mengatasinya yaitu Anda hanya perlu menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga. Olahraga teratur dapat memperkuat imun tubuh karena dapat merangsang sel darah putih untuk tetap aktif. Anda bisa memilih olahraga sesuai yang Anda suka seperti jogging, berenang, bersepeda, senam aerobik atau latihan fisik di gym. Namun, ingat, ya, cukup 20—30 menit per hari. Olahraga yang berlebihan juga malah tidak baik.

Itulah 3 tanda utama lemahnya sistem imun dan cara mengatasinya. Semoga Anda semua selalu diberi kesehatan dan jangan lupa terapkan cara tersebut agar sistem imun anda kuat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like