7 Cara Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Anak

Source: Unsplash.com

Hai, Miks!

Rasa ingin tahu membuat anak ingin selalu bertanya, melakukan hal baru, dan akhirnya belajar atau menciptakan hal baru. Mengasah rasa ingin tahu pada anak merupakan hal penting yang harus dilakukan orang tua.

Anda sebaiknya tidak merasa lelah dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan anak. Justru Anda bisa menjadi penentu rasa ingin tahu anak  terasah dengan baik. Rasa ingin tahu membantu anak untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi positif sebagai bekal untuk menghadapi masa depan.

7 Langkah Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu pada Anak:

7. Mengubah Rutinitas

Rutinitas keseharian dibutuhkan oleh anak, tetapi tidak ada salahnya mengubah rutinitas sesekali. Perubahan itu dapat merangsang otak anak untuk berpikir dengan cara berbeda yang menstimulasi rasa ingin tahu. Mengubah sabun mandi dari batang ke cair. Anak akan menemukan perbedaan tekstur, bermain busa, dan menentukan apa yang lebih disukai.

2.  Eksplor Hal dan Tempat Baru

Mengunjungi tempat baru dapat membuka wawasan anak terhadap dunia dan mengalami pengalaman baru yang dapat merangsang rasa ingin tahu. Anak akan mendapatkan pengalaman baru tentang lingkungan yang berbeda dan cara hidup berbeda. Eksplor hal baru juga bisa dilakukan dengan melakukan ketrampilan/craft seperti membuat mobil dari karton.

3. Memberikan Teka-teki

Tidak memberikan info secara lengkap terhadap pertanyaan anak. Anda memberikan sedikit kemudian anak akan penasaran dan terus bertanya dan mencari tahu. Teka-teki membuat anak ingin tahu akan kelanjutan suatu hal. Membaca buku juga bisa memberikan teka-teki dan memancing rasa ingin tahu anak, seperti meminta anak membuat judul sendiri dan membuat akhir cerita versinya sendiri dari buku yang sudah dibaca.

4. Mulai dari Hal yang Disukai

Memberikan kebebasan pada anak untuk melakukan hal yang disukai meski berbeda dari ekspekstasi Anda. Minat dan rasa ingin tahu anak merupakan langkah awal untuk belajar membuka pikiran dan wawasan dan pengalaman baru.

5. Membuat Pertanyaan Terbuka

Membuat banyak pertanyaan akan menstimulus otak anak bekerja dan membuat anak memikirkan beberapa opsi solusi. Pertanyaan terbuka melatih anak untuk memikirkan alasan dari sebuah jawaban.

6. Ajarkan Membuat Keputusan Sendiri

Melatih anak untuk membuat keputusan sendiri dimulai dari hal sederhana seperti pilihan makanan dan baju. Hal ini dapat merangsanga rasa ingin tahu anak seperti pemilihan baju bagaimana kombinasi baju, bahan kain. Membiarkan menentukan hal yang mereka inginkan selama tidak berbahaya dan menemukan hal baru.

7. Beri Tantangan

Tantangan merupakan salah satu hal yang membuat anak mau melakukan sesuatu dan mencoba hal baru. Dari sebuah tantangan, akan timbul rasa ingin tahu pada anak. Seperti tantangan melakukan hal baru, seperti naik sepeda. Anak akan ingin tahu bagaimana bisa naik sepeda, pengalaman baru naik sepeda, dan bagaiman amengayuh sepeda.  Tantangan ini akan membuat anak untuk bertanya lebih dan ingin tahu yang lebih lanjut.

Rasa ingin tahu anak yang tidak pernah habis akan membawa anak menuju kesuksesan masa depan. Anak ingin tahu, mencari jawaban, melakukan hal baru merupakan proses dalam menemukan hal baru dalam hidup yang akan bermanfaat bagi masa depan. Orang yang konsisten ingin tahu, akan ada hal baru yang dipelajari, ditemukan, dan dipahami.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like