Inilah 8 Cara Cepat Mengatasi Rasa Pedas

Source: yukepo.com

Hai, Miks!

Anda pasti sudah tak heran dengan berbagai kuliner negeri tercinta Indonesia yang terkenal komplit akan bumbu rempahnya serta cita rasa pedas. Banyak masyarakat yang sangat menyukai pedas, bahkan banyak yang melakukan challenge untuk memakan makanan pedas dengan level berdasarkan banyaknya cabai yang dimasukkan. Meskipun banyak yang suka dengan makanan pedas, terkadang tanpa terduga pedas yang ditimbulkan berlebihan dan di luar ekpektasi hingga menyebabkan rasa terbakar pada mulut.

Rasa pedas yang timbul terjadi karena adanya senyawa bernama capsaicin yang terkandung di dalam cabai. Rasa pedas sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya, tetapi tidak semua orang tahan terhadap efek capsaicin tersebut, apalagi bagi Anda yang tidak suka dengan makanan pedas pasti ingin cepat-cepat meredakan rasa pedasnya.

Apakah Anda pernah mengalami hal ini? Yuk, ikuti ulasan berikut, delapan cara cepat mengatasi rasa pedas.

1. Minum Minuman Berenergi atau Bersoda

Minuman berenergi seperti Hemaviton atau Kratindaeng sebagian orang ada yang menggunakannya untuk mengurangi rasa pedas. Begitupula dengan minuman bersoda seperti Coca Cola, Sprite, dan sejenisnya.

2. Mengonsumsi Yoghurt

Minuman yang berbahan susu seperti yoghurt atau es krim juga bisa menjadi salah satu cara yang patut Anda coba untuk mengatasi rasa pedas.

3. Makan makanan yang Manis

Memakan yang manis-manis seperti gula, cokelat, es krim, madu ternyata juga dipercaya dapat mengurangi rasa pedas, yaitu dengan mencoba untuk mengemut dan tahan hingga rasa pedas berkurang.

4. Minum Teh Hangat

Teh hangat yang masih mendekati panas sebagian orang percaya dapat mengurangi rasa pedas. Awalnya mungkin lidah Anda akan merasa terbakar karena rasa pedas dan panas bercampur, tetapi setelah beberapa saat ternyata dapat meredakan rasa pedas di mulut.

5. Minum Susu

Susu cair bisa digunakan untuk meredakan rasa pedas, yaitu dengan cara meminum beberapa teguk. Susu mengandung protein susu (casein) yang dipercaya dapat meredakan capsaisin.

6. Mengunyah Nasi atau Roti

Cara berikutnya yaitu dengan mengunyah makanan yang mengandung zat tepung seperti nasi atau roti tawar. Bahan makanan jenis juga dianggap efektif untuk mengurangi rasa pedas.

7. Minum Air Kelapa

Meminum air kelapa tidak hanya bermanfaat sebagai penghilang rasa haus atau mengembalikan ion-ion tubuh saat stamina menurun, tetapi air kelapa juga bisa sedikit meredakan rasa pedas yang menyerang mulut.

8. Minum Air Perasan Lemon

Tidak hanya air kelapa, minum jus atau air perasan lemon selain cocok diminum di saat panas, air perasan lemon juga bisa untuk meredakan rasa pedas di mulut.

Air perasan lemon untuk meredakan rasa pedas di mulut ternyata cukup efektif untuk dicoba dan bukanlah isapan jempol saja. Hal tersebut sudah terbukti secara ilmiah, rasa pedas yang timbul bisa dinetralisir dengan mengonsumsi buah yang bersifat alkali, salah satunya adalah lemon. Selain lemon, Anda juga dapat mencoba meredakan rasa pedas dengan tomat, jeruk, dan nanas.

Itulah ulasan mengenai 8 cara cepat mengatasi rasa pedas. Semua bahan mudah Andai jumpai dan harganya pun terjangkau. Semoga tips-tips di atas bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like