10 Minuman yang Menyehatkan Tubuh

Source: health.kompas.com

Hai, Miks!

Tidak hanya kita yang dapat menyampaikan pesan saat merasakan sakit, tetapi tubuh kita pun secara tidak langsung memberikan signal, ia punya cara tersendiri untuk berbicara. Misalnya saja terkadang kita merasa kelelahan, mood swing, tiba-tiba pusing, nyeri dan sesak.  Begitulah cara tubuh kita menyampaikan pesan dan petunjuk kecil kepada kita.

Ada baiknya apabila tubuh sudah memberikan signal yang kurang baik, kita segera memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Kita tidak bisa egois, seenaknya saja makan apa pun tanpa memperhatikan nilai gizi dan nutrisinya. Karena secara tidak langsung apa yang kita konsumsi mempengaruhi segala rutinitas yang kita lakukan sehari-hari.

Baik, kali ini Makmood akan membahas mengenai minuman yang menyehatkan. Menurut versi Anda, minuman yang menyehatkan dan dapat menutrisi tubuh itu seperti apa? Apakah rasanya pahit seperti obat, bentuknya menarik, atau ketika dikonsumsi seketika membuat badan terasa fit? Pastinya akan beragam reaksi yang diterima oleh tubuh saat mengkonsumsinya. Maka dari itu, mari kita simak bersama ulasan daftar 10 minuman berikut yang dapat menyehatkan tubuh Anda.

1. Jus Lemon

Lemon banyak dicari dan digunakan oleh masyarakat untuk keperluan rumah tangga. Baik sebagai cairan pembersih cuci piring yang alami, menghilangkan bau amis ikan ataupun dikonsumi airnya. Memiliki sifat dan arasa asam, buah lemon ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Kebanyakan air lemon yang dimanfaatkan sebagai jus dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit strok, jantung, darah tinggi, dan yang memiliki masalah dengan pencernaan. Orang yang gemuk pun terkadang juga mengkonsumsi jus lemon untuk membantu menurunkan berat badannya. Apabila Anda tertarik untuk mengkonsumsi jus lemon namun tidak menyukai rasa asam, Anda dapat menambahkan madu sebagai pemanis.

2. Air Kelapa

Tanaman kelapa memiliki banyak manfaat, baik dari daunnya hingga buahnya. Dapat ditemui dengan mudah, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan. Buah kelapa, terutama air kelapa yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat ini pun tak khayal apabila menjadi primadona.

Pasalnya, kandungan air kelapa ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Mengapa bisa demikian? Karena dalam air kelapa mengandung cairan elektrolit, magnesium, potassium dan bio aktif enzim. Masyarakat sengaja membeli air kelapa untuk dikonsumsi untuk meringankan penyakit seperti sakit kepala, nyeri saat haid serta mengembalikan kebugaran tubuhnya, dan memperlancar proses metabolisme tubuh.

3. Cokelat Panas

Apakah Anda menyukai cokelat? Atau justru sebaliknya, disebabkan rasanya yang terkadang terlalu manis sehingga kebanyakan orang merasa enek. Bagi Anda pencinta cokelat, minuman ini sangat direkomendasikan sekali untuk Anda. Terlebih saat mood Anda tiba-tiba buruk. Minuman cokelat yang disajikan dengan air hangat tentu dapat meringankan stress dan memperbaiki suasana hati Anda.

Minuman yang banyak disajikan di resto sebagai pendamping menu makanan ringan ini kerap kali diminati oleh kalangan muda. Namun, Anda pun dapat membuat cokelat panas sendiri di mana pun. Kandungan flaflonoid yang terdapat dalam coklat panas disinyalir dapat meningkatkan oksigen dan aliran darah ke otak sehingga dapat meningkatkan kinerja otak. Maka tak heran jika banyak yang menyukai minuman cokelat panas, terlebih saat musim penghujan tiba.

4. Teh Hijau

Teh hijau dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, teh yang berasal dari Negeri  Matahari Terbit tersebut banyak digemari oleh kaum perempuan untuk dikonsumsi. Selain kaya akan kandungan antioksidan, teh hijau juga memili kandungan yang baik untuk kesehatan.

Membantu mencegah penyakit jantung, dengan mengkonsumsi teh hijau, Anda juga dapat merasakan hal baik lainnya, diantaranya mengurangi kolesterol baik dan jahat, merangsang sistem kekebalan tubuh dan menyegarkan pikiran. Teh ini dapat dengan mudah didapatkan di pasar, toko online ataupun ranch market. Jika Anda ingin membelinya, tak perlu khawatir akan kesulitan untuk mendapatkannya.

5. Jus Delima

Selain lemon, buah delima ternyata memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Disebut sebut sebagai superfruit. Buah delima mungkin jarang dikonsumsi masyarakat. Namun, Anda perlu tahu bahwa mengkonsumsi jus buah delima dapat membantu meningkatkan sistem imun serta melawan infeksi virus dan bakteri.

Selain itu, terdapat manfaat yang baik untuk perempuan. Apabila rutin mengkonsumsi jus delima. Jus buah ini dapat menghancurkan dan mencegah sel kanker payudara serta apabila dikonsumsi secara rutin. Di sisi lain, buah delima mampu menurunkan potensi Alzheimer karena kandungan polifenolnya.

6. Susu Rendah Lemak

Dikenal dengan minuman yang mengandung banyak lemak. Tak banyak masyarakat yang tahu bahwa ada jenis susu yang rendah lemak. Dengan kadar lemak yang rendah akan membantu tubuh dalam proses pembentukan kalsium serta vitamin D. Hal lain yang perlu diketahui tentang susu rendah lemak adalah kandungan protein dan mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Air dan Cuka Apel

Bagi Anda penggemar buah Apel, selain di jus, alternatif lain untuk menikmati buah apel ini adalah dengan mengkonsumsi cuka apel. Bagaimana mengkonsumsi agar hasilnya maksimal? Baiknya Anda meminumnya dengan mencampurkan air mineral saja. Dengan begitu, manfaat cuka apel akan Anda dapatkan. Cuka apel direkomendasikan Karena dapat memberbaiki permasalahan yang ada pada sistem pencernaan kita.

Selain itu, saat tubuh kurang fit, ada baiknya jika mengkonsumsi cuka apel. Dengan kandungan antimikroba yang alami, cuka apel mampu membantu meringankan Anda disaat terserang flu. Cukup mencampurkannya dengan madu, air dan cuka apel sesegera mungkin Anda akan merasakan khasiatnya.

8. Teh Jahe

Mungkin Anda lebih familiar menyebut teh jahe dengan minuman wedang jahe. Rasanya yang pedas dan sering dikonsumsi masyarakat dari berbagai kalangan. Minuman teh jahe ini dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumi minuman ini, jika Anda sedang stress, perlahan Anda akan merasa rileks.

Memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, mengkonsumsi teh jahe dapat melawan pertumbuhan sel kangker. Baik juga untuk yang sedang megalami diabetes. Karena tanaman rimpang yang satu ini dapat mengontrol kadar gula darah Anda.

9. Jus Kale

Apakah Anda pernah mendengar nama sayuran kale? Sayuran yang satu ini nampaknya begitu populer. Beberapa kalangan tertentu rutin mengkonsumsi sayuran ini dan mengkonsumsinya dengan mengolahnya sebagai jus. Kandungan nutrisinya yang begitu banyak, tentu diburu oleh masyarakat untuk dikonsumsi.

Jika Anda ingin memelihara kesehatan rongga mulut dan terhindar dari sariawan, Anda dapat mengkonsumsi kale yang dapat melindungi enzim dan gusi Anda. Yang tak disangka-sangka selain membantu terbentuknya hemoglobin, Kale juga bagus untuk tulang karena kadungan vitamin K-nya. Bagaimana? Apakah Anda tertarik mencoba jus sayur kale dengan beragam manfaatnya bagi tubuh Anda.

10. Teh Kamomil

Mengalami insomnia tidak dapat dianggap sepele. Bisa jadi besoknya ada banyak rutinitas yang harus Anda kerjakan. Sehingga mau tidak mau Anda harus segera tidur untuk mengistirahatkan badan. Namun, apa mau dikata apabila tubuh tidak bisa diajak kompromi? Kini, ada baiknya Anda mulai mencoba mengkonsumsi teh kamomil menjelang tidur.

Teh kamomil mengandung vitamin C serta senyawa venolik yang baik untuk imunitas tubuh. Disamping itu, keduanya membantu menenangkan saraf, sehingga tidur pun semakin nyenyak. Teh ini memang jarang dikonsumsi oleh masyarakat dan kurang begitu populer,tetapi tak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi untuk kebaikan tubuh Anda.

Demikian tadi ulasan 10 minuman sehat yang baik untuk tubuh Anda. Sedikit saja sinyal yang kurang baik dalam tubuh Anda muncul. Ada baiknya Anda segera mengkonsumsi asupan yang menutrisi tubuh Anda, salah satunya dengan minum jus buah atau sayur yang bahan-bahannya mudah sekali di dapatkan di sekitar kita.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like