Harus Tahu! Inilah 5 Hal yang Paling Tidak Disukai Oleh Anak

Source: personalgrowthweb.com

Hai, Miks!

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Mulai dari tumbuh kembang fisiknya, maupun tumbuh kembang dalam pemikirannya. Segala hal yang terbaik akan dilakukan untuk memberikan yang terbaik pula untuk anak, bahkan, terkadang sampai rela melakukan apa saja untuk memberikan semuanya untuk anak. Itulah yang akan dilakukan oleh hampir semua orang tua di dunia.

Namun, tahukah Anda bahwa dalam cara mendidik anak, ternyata ada beberapa kekeliruan yang kita lakukan dan yang kita anggap benar dan baik ternyata menurut anak itu adalah suatu kesalahan yang membatasi ruang geraknya.

Untuk tahu lebih jelasnya, yuk, simak aja langsung penjelasan di bawah ini tentang 5 hal yang paling tidak disukai oleh anak dalam cara mendidiknya.

1. Mendidiknya dengan Terlalu Mengekang

Jangan lupa, apa yang kita anggap benar belum tentu benar juga menurut anak. Bisa saja kita merasa dalam cara mendidiknya itu sudah tepat dan baik, tetapi apa yang dirasakan oleh anak belum tentu sama dengan apa yang kita pikirkan. Jangan sampai yang tadinya tujuannya mendidik, akan tetapi sampai kepada anaknya mengekang. Ini adalah sesuatu yang paling berbahaya. Terlalu mengekang anak membuat keberanian mental anak menjadi melemah dan ruang geraknya akan sangat terbatasi.

2. Terlalu Mengkhawatirkan Anak

Khawatirlah dengan cara yang wajar. Perhatikan apa yang menjadi kenyamanan bagi anak. Terlalu mengkhawatirkan anak akan membuat anak merasa risih dan tidak bebas dalam bergerak, maupun dalam mengembangkan bakatnya. Biarkan anak memilih jalannya sendiri, akan tetapi kita memperhatikannya dari belakang. Saat anak mulai goyah dan kehilangan arah, di situ peran fungsi orang tua sebagai penuntun untuk anak, bukan sebagai penggiring yang memaksa harus dituruti.

3. Jangan Pernah Membanding-bandingkan dengan Anak yang Lain

Membanding-bandingkan anak sendiri dengan anak yang lainnya, itu adalah sesuatu yang sangat tidak disukai oleh anak. Tanpa sadar setiap orang tua pernah melakukan hal ini, yang secara tidak langsung membuat mental anak menjadi ciut dan melemah. Setiap anak mempunyai kelebihan dan keunikannya masing-masing. Tidak perlu memaksa anak untuk meniru anak yang lain. Didiklah anak agar menjadi dirinya sendiri dan mengenali dirinya sendiri. Itulah yang diinginkan oleh anak.

4. Anak Perlu Dukungan, Bukan Hanya Saran Saja

Saat anak melakukan suatu kesalahan dan kekeliruan, tugas kita sebagai orang tua tidak cukup hanya dengan memberinya saran. Akan tetapi curahkan juga semua dukungan terhadap anak. Ketahuilah, memberi dukungan kepada anak itu sama saja menumbuhkan harapan dan semangat baru untuk tumbuh kembang pemikiran anak.

5. Jangan Hanya Ingin Dituruti Saja, tetapi Dengarkan Juga Keinginan Anak

Nah, untuk setiap orang yang terkadang keliru dalam cara mendidik anak adalah hanya ingin didengarkan dan dituruti saja, tanpa ingin tahu keinginan anak seperti apa. Tahukah Anda bahwa ini adalah sesuatu yang sangat tidak disukai oleh anak? Tidak hanya orang tua saja yang ingin dimengerti oleh anak, akan tetapi anak juga ingin dimengerti oleh orang tua.

Itulah penjelasan tentang 5 hal yang paling tidak disukai oleh anak dalam cara mendidiknya. Semoga kita mampu menjadi orang tua yang baik dalam mendidik anak-anak kita.

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like