Sangat Memanjakan Lidah, 5 Makanan Khas Jawa Barat yang Melegenda dan Wajib Dicoba

Source: pidjar.com

Hai, Miks!

Jawa Barat. Siapa orang Indonesia yang tidak pernah mendengar nama provinsi ini? Salah satu provinsi yang memiliki luas daerah terbesar di Indonesia. Suku Sunda yang selain terkenal dengan keramahannya juga terkenal dengan makanan khas nya. Jawa Barat yang terdiri dari puluhan kota dan kabupaten ini masing-masing memiliki makanan khas yang membuat seluruh orang Indonesia dengan mudah mengingat dan mengenal Jawa Barat.

Sama hal nya dengan provinsi yang lainnya, Jawa Barat pun tidak kalah menarik perihal menu makanan khas. Mulai dari camilan ringan, makanan bersantan, hingga menu makanan berat lainnya yang akan membuat perut kenyang dan hati pun senang. Tidak hanya itu saja, lidah pun akan terasa dimanjakan saat mencoba mencicipi salah satu makanan khas Jawa Barat ini.

Jadi, jangan sampai melewatkan makanan-makanan khas di Jawa Barat ini jika kamu berkunjung ke sana. Untuk mendapatkan referensi, inilah 5 makanan khas Jawa Barat yang melegenda dan wajib dicoba.

1. Nasi lengko

Nasi lengko atau Sega lengko yang tepatnya berasal dari daerah Cirebon, merupakan bagian dari wilayah Propinsi Jawa Barat yang terletak di bagian timur dan merupakan batas, sekaligus sebagai pintu gerbang Propinsi Jawa Tengah. Kata lengko itu sendiri berasal dari kata langka dan kata langka ini berarti tidak ada atau jarang ditemukan.

Nasi lengko ini berbahan dasar nasi putih, tempe, tahu putih, kaldu ayam bubuk, mentimun, tauge, kacang tanah, dan kucai. Sisanya bumbu-bumbu dapur seperti biasanya. Pokoknya kalau kamu ke Jawa Barat tepatnya ke daerah Cirebon, makanan khas ini wajib kamu coba. Hati-hati ketagihan ya, Miks!

2. Pesmol Ikan Nila

Tidak hanya Nasi lengko, Pesmol ikan nila pun sering banget dijumpai di daerah Sunda, Jawa Barat. Pesmol ikan nila ini banyak disukai masyarakat Indonesia karena rasanya yang gurih, asam, manis, dan pedas. Selain harganya yang terjangkau itu membuat orang-orang lebih memilih pesmol ikan nila daripada menu makanan lainnya.

Dengan bahan utamanya ikan, santen, kunyit, bawang merah, bawang putih, tomat, cabai merah, jahe, daun jeruk, dan bumbu penyedap rasa lainnya. Pesmol ikan nila ini memiliki cita rasa tersendiri yang membuat siapa pun yang mencicipinya pasti akan ketagihan. Bagaimana, Miks? Apakah kamu berniat untuk mencobanya?

3. Soto Kuning

Makanan khas Jawa Barat yang selanjutnya adalah Soto kuning, tepatnya berasal dari Bogor. Tidak sedikit orang-orang yang berkunjung ke Jawa Barat lebih memilih untuk mencicipi soto kuning ini. Selain karena tidak perlu merogoh kocek yang terlalu besar, cita rasa soto kuning ini benar-benar mampu memanjakan lidah siapa pun yang mencicipinya.

Dengan berbahan dasar daging sapi, serai, daun salam, santan, lengkuas, dan bumbu dapur lainnya sudah bisa untuk membuat soto kuning ini. Nah, Miks, jika kamu berkunjung ke kota Bogor coba, deh, icip-icip soto kuning ini. Siapa tahu ketagihan dan menambah menu makanan favoritmu.

4. Roti Unyil

Seperti namanya unyil, roti ini memiliki bentuk yang kecil. Namun, meskipun ukurannya yang kecil itu tidak mempengaruhi cita rasanya. Roti unyil ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke kota Bogor.

Dengan berbahan utamanya yaitu terigu Cakra, terigu Segi Tiga, gula, kuning telur, putih telur, susu cair, ragi, butter, air es, dan beberapa pilihan topping seperti sosis, keju, meisis, oregano, wijen, dan lain-lain. Tidak memerlukan waktu yang lama, cukup dengan setengah jam kamu pun bisa mencoba membuatnya di rumahmu.

5. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom atau yang lebih populer disebut Nasi T.O ini berasal dari Tasikmalaya. “Tutug” itu sendiri yang berarti “tumbuk” jadi secara sederhana, nasi tutug oncom adalah nasi yang dicampur dengan oncom yang telah digoreng atau dibakar lalu ditumbuk dan dihaluskan kemudian dibumbui dengan berbagai bumbu khas yang diolah sedemikian rupa, hingga memiliki aroma dan cita rasa yang khas.

Berbahan dasar nasi, oncom, daun kemangi, dan bumbu dapur lainnnya membuat nasi tutug oncom ini tidak memerlukan waktu yang lama untuk mencoba membuatnya. Maka dari itu, jika kamu berkunjung ke kota Bogor, boleh, deh, kamu cobain nasi tutug oncom ini. Dijamin ketagihan, deh, Miks.

Nah, itulah penjelasan dari 5 makanan khas Jawa Barat yang wajib dicoba jika kamu berkunjung ke Jawa Barat. Semoga bermanfaat dan makin menambah wawasan, ya, Miks.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like