Mengenal Sosok-Sosok Hebat Penemu Aplikasi Media Sosial

Source: pixabay.com

Hai, Miks!

Di zaman yang serba digital dan kemajuan teknologi seperti sekarang, tentunya sudah tidak asing buat Anda khususnya hal media sosial. Hampir seluruh orang menggunakannya, baik untuk berkomunikasi, silaturrahmi, maupun bisnis. Semua itu dilakukan secara online dengan kemudahan yang telah disediakan oleh aplikasi-aplikasi media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, WhatshApp, Twitter, Tik Tok, dan media sosial  lainnya.

Di balik kesukseksan dan fenomenal aplikasi media sosial tersebut sudah pasti tak lepas dari sosok pencetus. Mau tahu siapa sosok-sosok hebat pembuat aplikasi-aplikasi sosial media? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Jan Koum — WhatsApp (2010)

WhatsApp didirikan oleh Jan Koum. Ia lahir di California, 24 Februari 1976. Sebelumnya, Jan Koum bekerja di Google sebagai teknisi infrastruktur dan telah bertemu dengan Brian Acton.

Dari pertemuan kerja, kemudian mereka bekerja sama dan sepakat untuk membuat aplikasi yang mampu menggebrak industri aplikasi dunia. Aplikasi tersebut kemudian diberi nama WhatsApp.

2. Jack Dorsey — Twitter

Twitter didirikan oleh Jack Dorsey, seorang pengembang web dan pengusaha di Amerika Serikat. Ia salah satu mahasiswa lulusan Universitas New York. Saat kuliah, Dorsey mengikuti acara diskusi yang diselenggarakan oleh perusahaan podcast bernama Odeo. Dari situlah Dorsey menemukan ide mengembangkan jejaring sosial untuk penggunaan layanan pesan singkat, komunikasi, dan setelah berhasil membuatnya, ia memberi nama Twitter. Twitter pun berkembang ke seluruh dunia.

3. Lee Hae Jin — Line (2011)

Penemu aplikasi Line adalah Lee Hae Jin. Ia merupakan pria asal Korea Selatan dan lulusan sarjana teknik Seoul National University. Lee Hae Jin memulai karirnya dengan bekerja di SSamsung SDS, anak usaha dari Samsung Group.

4. Kevin Systrom — Instagram (2010)

Media sosial satu ini pertama kali dibuat oleh Kevin Systrom. Kevin Systrom lahir dan besar di kota kecil bernama Holliston, Amerika Serikat. Sebelum menemukan Instagram, ia bekerja di perusaah besar Odeo (sekarang Twitter), dan juga Google.

5. Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim — You Tube (2005)

Situs media sosial berisi video-video yang memberikan semua informasi yang dicari semua orang. Sosok di balik YouTube didirikan oleh tiga pemuda, yaitu Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim. Mereka menemukan ide dan membangun YouTube bersama pada tahun 2005 dan YouTube masih digunakan oleh banyak orang sampai sekarang.

6. Mark Zuckerberg — Facebook (2004)

Siapa yang tidak kenal sosok satu ini, Mark Zuckerberg. Ia penemu media sosial Facebook, lulusan dari Universitas Harvard. Saat ini, Facebook menjadi jejaring sosial terbesar di dunia.

7. Niklas Zennstrom — Skype dan Kazaa

Aplikasi Skype dan Kazaa didirikan oleh Niklas Zennstrom, seorang pengusaha asal Swedia yang memiliki beberapa usaha high profil online ventures.

Itulah ulasan sosok-sosok muda hebat berbakat di bidang IT. Penemuan-penemuannya pun bisa bermamfaat bagi masyarakat luas. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like