Tandem Nursing: Pengertian, Kekurangan, dan Kelebihannya

Source: haibunda.com

Hai, Miks!

Dewasa ini banyak sekali berseliweran kata-kata tentang tandem nursing. Banyak ibu muda yang membahas soal tandem.

Tandem nursing adalah istilah yang digunakan untuk ibu yang menyusui dua anak sekaligus, tetapi berbeda usia. Biasanya dilakukan oleh ibu yang memiliki anak dengan jarak dekat, tetapi belum siap menyapih si kakak karena si kakak masih berusia belum genap dua tahun.

Berdasar rekomendasi WHO dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, setiap ibu wajib menyusui anaknya minimal dua tahun untuk mencegah stunting. Itulah mengapa banyak ibu yang menjalani tandem nursing.

Menurut orang tua zaman dulu, menyusui dua anak berbeda usia sekaligus tidak boleh. Sebab, bisa menyebabkan si kakak sakit-sakitan dan bodoh. ASI-nya sudah tidak bagus bagi si kakak. Semua itu hanya mitos belaka. Menyusui dua anak dengan usia berbeda sekaligus boleh-boleh saja, tidak ada larangan menurut ahli kesehatan. Hamil pun bukan merupakan suatu halangan untuk berhenti menyusui.

Akan tetapi, dalam menjalani tandem harus tetap waspada terhadap kondisi si ibu. Seperti halnya risiko kontraksi. Hormon ibu hamil juga memengaruhi sensivitas payudara. Inilah yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan kontraksi. Jika hal tersebut terjadi, maka lebih baik berhenti menyusui si kakak. Namun, jika tidak, tetap boleh melanjutkan menyusui si kakak.

Sekarang ini tandem nursing sangat populer, karena jumlah ibu yang menyusui bayi secara bersamaan makin meningkat dan ternyata sangat aman dilakukan.

Tandem nursing sebenarnya juga memiliki banyak manfaat atau kelebihan menurut para ahli.

  1. Tandem nursing ini dipercaya bisa menurunkan kecemburuan dan membantu meningkatkan kedekatan saudara kandung. Mengapa begitu? Karena, anak akan belajar dan mengerti berbagi sejak dini. Tidak ada kecemburuan pada adiknya, karena merasa sama-sama boleh menyusu. Terkadang si kakak juga akan mengerti untuk mengalah pada adik, jika bergantian menyusu.
  1. Kedekatan antara ibu dan kedua anak semakin terjalin. Sebab, mereka berdua menerima perhatian di waktu yang sama.
  1. Si kakak pun masih menerima manfaat dari ASI. Sebab kandungan ASI tidak akan pernah berubah. Menyusu bisa memberi nutrisi, perlidungan kekebalan, usus, dan mampu memberi manfaat emosional.
  1. Bisa meredakan payudara bengkak yang menimpa sebagian besar ibu.
  1. Risiko terkena penyakit kanker payudara menurun.
  1. Ibu mampu menyediakan stok ASI karena peningkatan tuntutan ASI.

Namun, selain manfaat dan kelebihan di atas, tandem nursing juga memiliki kekurangan.

  1. Kesulitan untuk menurunkan berat badan ketika menjalani tandem nursing bagi sebagian besar ibu.
  1. Seringkali akan dihadapkan pada beberapa orang yang menganggap bahwa tandem nursing itu tidak bagus, bahwa bayi tidak akan menerima ASI yang cukup, padahal itu salah kaprah. Sebab, produksi ASI sesuai kebutuhan bayi.
  1. Tingginya hormon tertentu menyebabkan gairah seks yang intens bagi sebagian ibu.
  1. Beberapa ibu merasa mual selama sesi menyusui bayi ketika hamil.

Dalam proses tandem nursing, sebenarnya sama dengan menyusui satu bayi, yaitu produksi ASI sesuai kebutuhan bayi. Sering kali terdengar pertanyaan. Apakah bayi harus menyusu lebih dulu? Apa si kakak yang akan menerima semua hind milk? Lalu, bagaimana caranya agar bayi mendapat ASI yang cukup?

Sebenarnya, payudara ibu akan mengerti sendiri dan memproduksi ASI yang dibutuhkan, sesuai dengan yang dikeluarkan. Selama beberapa hari pertama, bayilah yang harus diutamakan menyusu lebih dulu agar bisa mendapat kolustrum. Setelah itu ibu harus punya cara bagaimana menyusui kedua anaknya dengan baik. Siapa yang harus menyusu dulu. Bisa juga menentukan satu payudara untuk si kakak dan satu untuk si bayi. Boleh juga menyusui dalam satu waktu dengan dua payudara yang paling penting tidak perlu cemas karena ASI pasti akan selalu cukup dan seimbang bagi kedua anak.

Sebelum menjalani tandem nursing, maka yang paling utama adalah persiapkan mental dan tebalkan telinga kanan dan kiri. Sebab, pasti setiap hari akan mendengar komentar miring ataupun negatif dari orang sekitar yang tidak paham tentang tandem nursing. Lalu, konsultasikan dulu dengan dokter anak Anda. Cukupi makan Anda dengan gizi seimbang empat bintang, tidak perlu dengan porsi tiga kali lipat. Semampu Anda saja karena tidak semua orang bisa makan dalam porsi banyak.

Demikianlah Miks, penjelasan seputar tandem nursing. Semoga bermanfaat dan bisa membantu. Terima kasih.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like