Tips Menyimpan Kelapa agar Tidak Mudah Basi

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Jangan lupa jaga kesehatan dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini.

Kali ini Makmood akan membahas tentang kelapa. Anda pasti tahu kelapa merupakan salah satu jenis makanan yang begitu bermanfaat untuk masakan. Namun, ada kalanya para ibu galau karena kelapa ini mudah sekali basi. Hanya butuh sedikit, tetapi sisa kelapa yang masih banyak sudah tidak bisa dipakai untuk beberapa hari ke depan.

Nah, Anda tidak perlu khawatir lagi karena kali ini Makmood akan membagi beberapa tips supaya kelapa yang sudah dikupas awet untuk beberapa hari ke depan.

1. Simpan Kelapa yang Sudah Dikupas di dalam Wadah Tertutup

Tips yang pertama adalah taruhlah kelapa yang sudah dikupas kulitnya di wadah tertutup rapat, Miks, lalu diberi air. Kemudian, simpan di kulkas. Dengan demikian kelapa akan tahan dan tidak basi selama 3—4 hari. Mudah, bukan?

2. Parut Kelapa terlebih Dahulu, Baru Simpan

Menyimpan kelapa yang sudah diparut akan lebih awat dan tahan lama, Miks. Parutlah kelapa yang sudah Anda kupas, lalu masukkan dalam wadah atau plastik, bisa plastik klip atau plastik bening kiloan. Masukkan kelapa partut ke dalam plastik per porsi sekali pakai, jadi tidak disimpan dalam satu wadah. Lalu, simpan dalam freezer. Kelapa parut beku ini bisa bertahan sampai 1—2 mingguan.

Ketika Anda ingin menggunakannya, maka cairkan dengan cara merendam dengan air biasa, jangan air panas karena perubahan suhu yang mendadak tidak bagus atau Anda bisa membiarkannya beberapa jam sampai kelapa parut beku mencair sendiri. Lalu, peras dengan air hangat ketika akan menggunakannya.

3. Parut Kelapa, Lalu Kukus

Parutlah kelapa yang sudah dikupas, lalu kukus selama 10—20 menit. Setelah itu, masukkan ke dalam plastik per porsi sekali pakai. Ketika akan digunakan, tipsnya sama dengan cara nomor dua di atas. Kelapa parut kukus beku ini akan tahan selama sekitar satu bulanan. Anda juga bisa mencicipinya terlebih dahulu ketika ingin menggunakannya.

4. Simpan Kelapa dalam Bentuk Santan

Peras kelapa yang sudah diparut hingga keluar santannya. Setelah itu, masukkan santan dalam wadah tertutup per porsi sekali pakai. Simpan di chiller. Santan ini akan tahan kira-kira 2—3 hari saja.

5. Jadikan Kelapa Menjadi Santan Beku

Parut kelapa yang sudah dikupas diparut, lalu peras dengan air hangat matang hingga keluar santan. Kemudian, masukkan santan ke dalam plastik per porsi sekali pakai. Selanjutnya simpan santan di dalam freezer. Santan beku ini akan tahan sampai satu bulanan. Ketika Anda akan menggunakannnya, lakukan cara yang sama seperti pada poin nomor dua di atas.

Demikian tips menyimpan kelapa agar tidak mudah basi, Miks. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like