Inilah Resep Bakwan Sayur Renyah Favorite Keluarga

Source: Googleberita.com

Halo, Miks!

Di masa pandemi ini kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan anak-anak juga masih belajar secara daring. Kondisi ini tak pelak membuat keluarga menjadi bosan dan sebagai seorang ibu yang sibuk di dapur, kadang kita juga kehabisan ide dalam membuat camilan. Nah, resep bakwan yang renyah ini sepertinya bisa Anda coba saat bingung membuat camilan simpel.

Bakwan adalah kudapan yang sangat familier dan sangat digemari, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah kita dapatkan serta cara membuatnya juga gampang, tetapi walaupun begitu ada juga yang gagal dalam membuat bakwan, lo. Resep awalnya hanya berupa tepung, daun bawang, kol, dan bawang putih, tetapi kali ini kita modifikasi dengan penambahan beberapa bahan yang akan menambah kelezatan dan renyahnya bakwan. Dengan penambahan beberapa bahan ini, rasa bakwan akan makin spesial, sangat renyah di luar dan lembut di dalam, serta gurih tentunya.

Berikut resep bakwan istimewa favorite keluarga yang dapat Anda coba sebagai menu camilan andalan.

Bahan

Tepung terigu protein sedang 100 gram, tepung beras 50 gram, bawang putih 2 siung, haluskan, air es 200 ml, wortel 100 gram, potong korek api, taoge 75 gram, kol 150 gram, iris sedang, jamur tiram 50 gram, disuwir-suwir, daun bawang 1 batang, iris halus, kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh, 1 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica bubuk, 1/2 sendok makan ketumbar bubuk, dan 1/2 sendok teh gula pasir.

Cara Membuat

  1. Siapkan wadah bersih, masukkan tepung terigu bersama bawang putih, kaldu ayam, tepung beras, merica bubuk, gula pasir, ketumbar, dan garam, kemudian aduk sampai rata.
  2. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan mengental.
  3. Tambahkan satu persatu, taoge, kol, daun bawang, dan wortel ke adonan. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Panaskan minyak goreng.
  5. Ambil adonan dengan sendok sayur lalu tuangkan ke wajan, goreng sampai matang. Lakukan sampai semuaadonan habis.

Tips

  • Gunakan minyak yang banyak, goreng adonan ketika minyak sudah benar-benar panas.
  • Untuk hasil yang baik gunakan tepung beras yang memiliki kualitas bagus.
    Bagi Anda yang menyukai aroma udang, adonan bisa ditaburi ebi halus. Penambahan ebi halus dapat membuat bakwan menjadi lebih gurih.
  • Bagi Anda penyuka pedas, Anda dapat membuat cocolan sambal dengan bahan-bahan berikut: 3 sendok makan cabai dan 2 siung bawang putih, giling halus. Garam secukupnya, 2 sdm gula pasir, 1 sdm tepung maizena, dan 40 ml air putih.
    Caranya membuat sambal: Tumis bawang putih, setelah harum masukkan cabai halus, kemudian masukkan air yang sudah dicampur dengan tepung maizena, didihkan sambil diaduk, setelah agak mengental angkat dan dinginkan. Sambal siap dijadikan cocolan untuk bakwan renyah.

Nah, Miks, resep bakwan di atas selain lezat juga sangat cocok untuk anak-anak yang tidak suka sayur. Anda bisa menambahkan jenis sayur yang lain ke dalam adonan bakwan seperti bayam, sawi hijau, dan lain-lain. Dengan resep bakwan yang renyah dan gurih ini anak-anak pasti menjadi doyan sayur. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

253 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like