6 Tips Anti Gagal Menulis dan Manfaatnya

Halo, Miks!

Semenjak dunia diserang hewan imut bernama corona, mendadak kehidupan menjadi berubah. Sebagian besar pekerjaan dilakukan dari rumah, bahkan ada yang diberhentikan dari pekerjaannya. Tak hanya bekerja, belajar, dan beribadah pun dilakukan dari rumah. Badai stres melanda. Kegiatan di luar rumah menjadi sangat terbatas. Rutinitas menjadi berubah dan keadaan tidak dapat diprediksi.

Miks, tentunya kita enggak boleh berlarut dengan keadaan ini. Bangkit dan cari kegiatan positif. Mulailah tekuni hobi yang selama ini terlupakan atau mencari kegiatan baru untuk menyalurkan stres dalam menghadapi situasi ini.

Tentunya Anda pernah menulis, baik itu catatan belanja, tugas kantor atau sekolah maupun menulis status di medsos. Nah, kebiasaan menulis ini sangat baik, apalagi bila menuliskan hal-hal yang dapat menginspirasi orang lain. Mengapa tidak mencoba menulis cerita pendek? Misalnya menulis tentang suka duka bekerja dari rumah atau menulis tentang kegiatan menyenangkan bersama anak di rumah, dan sebagainya.

Apa saja, sih, tips agar bisa menulis?

Berikut beberapa tips yang  bisa Anda lakukan bila ingin menulis:

1. Yakinkan Diri bahwa Siapa Saja Bisa Menulis

Anda harus yakinkan diri bahwa siapa saja bisa menulis. Menulis tidak butuh bakat melainkan membutuhkan ketekunan. Hal kecil bila ditekuni akan menjadi hal yang besar.

2. Jangan Takut untuk Memulai Menulis

Mulailah menulis hal-hal yang Anda alami dalam kehidupan sehari-hari. Bisa juga menulis tentang pengalaman orang lain. Mencatat di buku kecil hal-hal yang ditemui setiap harinya, terus saja menulis dan jangan takut salah, atau khawatir tulisan jelek.

3. Menentukan Ide

Untuk mendapatkan ide menulis bisa didapatkan melalui pengamatan di sekitar Anda, seperti:

  • Mencari ide di tempat yang sepi, tenang, dan sejuk.
  • Mendengarkan musik juga bisa menimbulkan ide untuk menulis.
  • Banyaklah membaca buku karena akan memperkaya pengetahuan.
  • Mendapatkan ide juga bisa dari mengingat masa lalu. Kenangan indah atau sedih dapat menjadi bahan tulisan.

4. Membuat Outline atau Kerangka

Apa, sih, outline? Outline adalah sebuah kerangka tulisan untuk menampilkan ide-ide utama dan pendukung atas sebuah subyek atau tema tertentu. Outline berfungsi agar tulisan sesuai tema dan tidak melebar.

5. Aktif Menulis

Menulis bisa dipelajari dan diasah, makin sering menulis maka tulisan akan makin bagus.

6. Bergabung Bersama Komunitas Menulis

Untuk memperlancar proses dalam menulis, sebaiknya ikut komunitas menulis. Dengan bergabung di komunitas akan lebih mudah bertanya bila ada kesulitan.

Menulis mempunyai banyak manfaatnya antara lain:

  • Menulis sebagai penyaluran minat atau hobi seseorang,
  • Menulis sebagai jejak rekam kehidupan,
  • Meningkatkan daya ingat,
  • Menigkatkan kreativitas,
  • Menulis untuk mengisi waktu luang, dan
  • Menulis untuk menginspirasi orang lain.

Nah, demikianlah 6 tips yang dapat Anda lakukan bila ingin menulis. Enggak ada lagi alasan dengan mengatakan tidak bisa menulis.

 

 

 

Tinggalkan komentar