Inilah 5 Kiat Memperkuat Motivasi Diri

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Kehidupan berjalan seperti roda yang berputar, kadang posisi di atas dan kadang di bawah. Ketika berada di atas seolah-olah kondisi terasa normal dan baik-baik saja. Namun, saat ada di bawah segalanya berubah. Kita jadi sedih, terpuruk, tidak bersemangat, bahkan putus asa. Karena itulah motivasi sangat dibutuhkan oleh setiap individu. Motivasi berguna untuk memberikan energi positif agar kita bisa menjalani hidup dengan penuh semangat dan optimis.

Motivasi tetap harus terjaga agar kita dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Memotivasi diri sendiri adalah cara terbaik untuk menghadapi hambatan dan segala rintangan dalam hidup sehingga ketika masalah datang, kita bisa mengatasinya dengan tenang. Ayo, kokohkan motivasi melalui lima kiat memperkuat motivasi diri berikut ini!

Tetapkan Niat yang Baik

Setiap kegiatan yang kita lakukan tentu mempunyai maksud dan tujuan tertentu yang disebut dengan niat. Pastikan niat awal untuk ibadah, sebagaimana hakikat kehidupan kita diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah Swt.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya amal perbuatan tergantung pada niat dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan yang diniatkan.”

Sebelum melangkah perlu kita tetapkan niat yang baik sehingga dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik.

2. Lakukan dengan Optimis

Sikap optimis adalah cerminan dari pikiran kita. Apa yang kita pikirkan maka itulah yang akan terjadi. Kegiatan yang dilakukan dengan optimis akan memberikan aura positif dan menggugah semangat. Semangat inilah yang menjadi mendorong kita untuk mewujudkan hasil terbaik dan sesuai harapan. Kata orang, optimis itu menular. Pernyataan ini memang benar dan dapat dirasakan ketika kita berada dalam lingkungan orang-orang yang positif.

3. Hargai Proses dan Hasil Kerja Anda

Segala hal pasti melalui proses yang mungkin sangat sulit dan berliku-liku. Terkadang, ketika memperoleh hasil yang tak sesuai harapan, kita jadi kurang menghargai proses yang sudah dilakukan. Bisa dikatakan kita hanya menghargai hasilnya bukan prosesnya, padahal penting bagi kita menumbuhkan kesadaran untuk menghargai suatu proses. Dengan demikian kita akan selalu dapat mengevaluasi di mana letak kekurangan dan kelebihan cara kerja kita.

Tentang hasil, sudah seharusnya kita menghargai hasil kerja kita sendiri. Ada baiknya kita memberi penghargaan pada diri kita untuk membangkitkan semangat baru. Menghargai diri sendiri adalah salah satu kunci kebahagiaan.

4. Mencari Inovasi Baru

Ketika rutinitas berjalan secara monoton dan mulai memasuki fase stagnan atau berada pada titik jenuh, perlu bagi kita mencari inovasi baru. Inovasi bukan berarti harus berpikir keras melakukan perubahan yang drastis. Dengan melakukan sedikit improvisasi misalnya, mengganti suasana yang biasanya hanya dilakukan indoor  maka sekali-kali dilakukan outdoor  merupakan upaya yang bisa melahirkan ide-ide cemerlang.

5. Tawakal dan Bersyukur Atas Hasil Akhir

Menurut ajaran Agama Islam, tawakal  adalah tumpuan terakhir dalam suatu usaha atau perjuangan. Jadi, arti tawakal yang sebenarnya ialah berserah diri kepada Allah Swt. terkait apa yang menjadi ketetapan setelah berusaha keras atau berikhtiar dan bekerja sesuai dengan kemampuan.

Senantiasa berserah diri dan mensyukuri apa pun yang kita dapat serta tidak membandingkan dengan hasil yang dicapai oleh orang lain merupakan kunci utama memperkuat motivasi diri.

Nah, Miks, itulah kiat-kiat yang dapat menuntun kita untuk senantiasa penuh motivasi dalam menjalani kehidupan. Yuk, praktikkan!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like