8 Tips agar Tidak Takut Menulis

Source: Pixabay.com

Hai, Miks!

Apakah Anda termasuk orang yang ingin menulis, tetapi takut memulainya? Keinginan menulis dan dapat menghasikan karya dalam bentuk tulisan yang dibukukan atau dipublikasikan media, sudah ada. Namun, tiba-tiba pupus oleh perasaan takut. Takut tidak bisa, takut tulisannya tidak sempurna, takut tidak punya waktu untuk menulis, sulit mendapatkan ide, dan lain sebagainya.

Hal di atas wajar dirasakan, terlebih untuk kita yang baru memulai menulis. Akan tetapi, pemikiran dan perasaan itu harus kita buang jauh-jauh jika ingin menjadi penulis profesional. Berikut delapan tips agar tidak takut menulis.

1. Latihan Menulis

Yups! Kita bisa memulai dengan menuliskan kegiatan  sehari-hari. Aktivitas dari bangun sampai akan tidur lagi. Selain itu, mengisi buku harian juga efektif untuk menumbuhkan semangat dan mengusir rasa takut ketika hendak menulis.

2. Tuliskan Secara Detail

Tuliskan secara detail kegiatan yang paling menarik dan berkesan pada hari itu. Sebagai contoh, ketika kita bertemu teman lama, tetapi tidak mengenalnya karena menggunakan masker. Hal sederhana seperti ini bisa jadi bahan tulisan yang unik, lo.

3. Membaca Buku Kisah Inspiratif dari Para Penulis

Untuk memotivasi dan menemukan ide dalam menulis kita bisa membaca buku kisah inspiratif dari para penulis. Dengan membaca buku tersebut diharapkan kita bisa menemukan hal menarik atau pengalaman diri sendiri yang bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca. Dengan demikian kita  lebih mudah  menuliskannya.

4. Ikut Kelas Menulis

Cobalah ikuti kelas menulis. Kalau bisa cari kelas yang memberikan tugas menulis berdasarkan pengalaman pribadi sehingga lebih mudah bagi kita menuangkan isi hati dan pikiran. Di kelas menulis umumnya peserta juga akan mendapat materi tentang cara memulai menulis dengan mudah tanpa rasa takut.

5. Bergabung dengan Komunitas Menulis

Bergabung dengan orang-orang yang suka menulis akan memotivasi kita untuk semangat menulis. Kita juga bisa membaca hasil karya para penulis di komunitas tersebut sehingga bisa untuk perbandingan.

6. Diskusikan Kesulitan Kita

Ketika Kita mengalami kesulitan dalam menulis, cobalah diskusikan dengan teman  yang sudah mempunyai pengalaman dalam dunia tulis-menulis. Hal ini dilakukan agar kita bisa mendapatkan masukan atau pencerahan.

7. Teruslah Berlatih Menulis

Jangan pernah bosan untuk terus berlatih menulis. Dengan terus berlatih menulis maka ketakutan-ketakutan di atas lambat laun akan lenyap.

8. Tekadkan Diri Untuk Menghasilkan Karya

Tekad yang kuat untuk menghasilkan karya berupa buku atau tulisan yang dimuat media akan mengikis ketakutan kita dalam menulis.

Yups, Miks! Demikian delapan tips agar tidak takut menulis. Semoga tips di atas bermanfaat. Yuk menulis! Dengan menulis kita bisa menginspirasi orang lain dan apabila tulisan kita bermanfaat bagi orang yang membacanya, semoga bisa menjadi ladang amal dan pahala untuk kita. Aamiin.

 

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like