4 Makanan Alternatif Pengganti Nasi untuk Menjaga Asupan Karbohidrat bagi Balita

Source: cookpad.com

Hai, Miks!

Nasi sebagai salah satu makanan sumber karbohidrat dan sudah menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, bahkan ada ungkapan, belum dibilang makan kalau belum makan nasi. Namun, tidak jarang kita menghadapi kasus anak yang menolak makan nasi, terutama di saat makan pagi. Bosan, tidak suka, malas, itu sebagian alasan yang anak suka lontarkan ketika disuruh makan pagi. Akan tetapi, kita tahu bahwa makan pagi sangat diperlukan oleh anak dalam rangka menaikkan kadar gula dalam darah sebagai sumber energi, setelah mengalami penurunan yang diakibatkan aktivitas tidur di malam hari.

Karbohidrat, selain berfungsi sebagai sumber energi tubuh adalah salah satu nutrisi yang diperlukan anak selain, protein, mineral, lemak, air, dan vitamin, terutama untuk keperluan perkembangan otak. Hal itu mengingat usia anak terutama balita masih dalam masa pertumbuhan, asupan karbohidrat  harus kita perhatikan. Kekurangan karbohidrat bisa mengakibatkan, penurunan kerja otak, penurunan berat badan, dan anak menjadi cepat lelah, bahkan bisa menjadi anak dengan katagori kurang gizi.

Berikut 4 alternatif makanan mengandung karbohidrat sebagai pengganti nasi yang mudah kita dapatkan, relative murah, dan pasti disuka oleh anak-anak,

Kentang

Kentang adalah bahan makanan yang paling sering diolah menjadi aneka ragam makanan. Kandungan karbohidratnya yang tinggi menjadikan kentang cocok sebagai alternatif pengganti nasi. Salah satu olahannya adalah kentang goreng, yaitu kudapan paling disukai oleh anak, bahkan orang dewasa pun menyukainya.

Sebagai menu sarapan, selain kentang goreng, kita bisa menyajikannya dalam bentuk perkedel, dipanggang, dan direbus. Untuk melengkapi menu sarapan bisa ditambah dengan ayam goreng, telur omelet, atau lauk lainnya disesuaikan dengan selera anak. Dijamin anak akan menyukainya. Jangan lupa sertakan sayuran sebagai lalapan atau sayur penyerta untuk asupan seratnya.

Roti

Makanan olahan dari terigu atau gandum yang satu  ini banyak kita jumpai di swalayan atau kita  juga bisa mendapatkannya dari abang tukang roti yang biasa keliling di sekitar pemukiman.  Banyak macam roti, tetapi biasanya roti tawar yang dipilih.

Menu sarapan yang bisa dibuat dari roti pun beragam, seperti roti panggang dengan aneka toping yang disukai oleh anak-anak, pizza roti tawar, dan, roti sandwich. Ada banyak resep olahan yang menggunakan bahan roti tawar yang banyak diposting di media sosial yang bisa dijadikan ide menu sarapan.

Mi atau Pasta

Seperti halnya roti, mi atau pasta merupakan hasil olahan dari tepung terigu atau tepung gandum. Roti biasanya dioleh kembali menjadi makanan dengan rasa manis, sedangkan mi atau pasta sering dimasak menjadi jenis makanan dengan cita rasa asin atau gurih. Sebagai pelengkap dalam masakan mi atau pasta ditambahkan daging ayam atau daging sapi  dan aneka sayuran, seperti kol, wortel, sawi hijau, yang menjadikan hasil masakan yang lezat, lebih menarik, dan sehat tentunya.

Jagung

Jagung adalah salah satu bahan makanan yang disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis, segar, dan bentuknya yang menarik. Kandungan karbohidrat yang ada dalam jagung, walaupun tidak sebanyak kentang, roti, mi atau pasta, namun cukup untuk dikonsumsi sebagai makanan pengganti nasi. Olahan makanan yang bisa dibuat dari bahan jagung di antaranya adalah bubur jagung.

Ok, Miks, demikian 4 alternatif bahan makanan berkarbohidrat pengganti nasi untuk menu sarapan anak. Memang rada repot sedikit, tetapi demi tumbuh kembang anak yang baik, semua kerepotan akan dibayar dengan anak-anak kita yang sehat dan bahagia. Yuk, dicoba!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like