Inilah 8 Minuman Segar Khas Indonesia

Source: tunjukan.com

Indonesia selain negara yang kaya akan hasil rempah yang dapat diolah menjadi minuman yang menyehatkan bagi tubuh, juga terkenal akan berbagai macam minuman segarnya yang berasal dari bahan dan tumbuhan alami. Seperti berbahan daun cao, sagu, tepung beras, buah-buahan dan lain sebagainya. Anda penasaran? Yuk, simak ulasan minuman-minuman segar khas negara Indonesia berikut:

1. Es Cendol atau Dawet

Bila sebelumnya ulasan tentang minuman hangat sekaligus bisa untuk obat. Selanjutnya akan diulas berbagai jenis minuman segar khas negara Indonesia. Salah satunya sangat populer dan mudah ditemukan di mana saja karena dijajakan dipinggir-pinggir jalan, yaitu es cedol atau dawet. Es Cendol merupakan minuman tradisional khas Nusantara yang terbuat dari tepung beras atau tepung sagu, disajikan bersama santan, gula merah cair, dan es serut.

2. Es Caon atau Cao

Es caon dibuat dari bahan alami, yaitu dari daun cao. Daun cao sejenis tumbuhan yang merambat. Es caon dengan memeras daun cao. Hasil perasan kemudian direbus sampai mendidih. Setelah itu diamkan hingga dingin dan tunggu sampai keras seperti agar-agar. Caon yang sudah jadi disajikan dengan tambahan santan, gula merah, dan es batu.

3. Es Selendang Mayang

Es ini terbuat dari bahan dasar tepung beras dan hunkue diberi warna yang bermacam-macam yang kemudian dipotong memanjang menyerupai selendang, daun pandan, vanili, gula, santan, sirup, susu dan buah nangka. Es selendang mayang merupakan minuman khas Betawi, tetapi kini popularitas penjual es ini sudah mulai jarang dijumpai.

4. Es Doger

Es doger merupakan singkatan dari Dorong Gerobak, karena es ini dijajakan keliling. Es doger berisi tapai, ketan hitam, cincau, susu, pacar cina, dan sirup manis warna kemerahan serta dilengkapi es serut.
Sangat nikmat dan segar jika diminum pada siang hari saat cuaca panas.

5. Es Teler

Minuman menyegarkan satu ini berisi berbagai macam buah-buahan seperti alpukat, nangka, kelapa muda, melon, anggur, nanas, dan lain-lain yang dilengkapi dengan mutiara, nata de coco, agar-agar, susu kental manis, sirup dan es serut.

6. Es Rumput Laut

Es satu ini mirip es teler tetapi dilengakapi dengan rumput laut yang membuat es ini makin nikmat dan yang membedakan es rumput laut menggunakan santan dan juga gula merah.

7. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo merupakan minuman segar asal Makassar, Sulawesi Selatan. Es pisang ijo dibuat dari bahan pisang dibalur tepung berwarna hijau dengan dilengkapi siraman kuah santan, sirup, bubur sumsum, ketan hitam, dan sagu mutiara. Tak lupa es serut ditambahkan sehingga membuat es lebih nikmat dan segar.

8. Es Podeng

Kata Podeng berasal dari bahasa Madura berarti putar. Es tradisional ini dibuat dengan cara diputar. Biasanya espodeng disajikan dengan taburan kacang tanah yang dicincang kasar, meses, dan susu cokelat kental manis, serta es yang sudah diserut.

Itulah 8 minuman segar khas Indonesia yang tak ada di negara lain.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like