Inilah 8 Minuman Unik Khas Asia

Picture source: Dreamstime,com (Ju Hua Cha)

Hai, Miks!

Ngomongin soal negara, kawasan Asia tak pernah diragukan akan keberagaman akan cita rasa kulinernya. Banyak yang menilai jika negara-negara Asia merupakan surganya kuliner. Tak hanya makanannya yang memiliki keragaman, tetapi minuman-minuman negara Asia juga tak kalah enaknya.
Mau tahu apa saja minuman-minuman unik khas Asia? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Halo-Halo (Filipina)

Halo-Halo jika di Indonesia merupakan kata sapaan, tetapi di Filipina ini adalah salah satu minuman khas negaranya. Minuman ini mirip es campur, dengan isian sagu, jagung, susu kental manis, es krim, dan juga didominasi dengan berbagai buah-buahan sebagai pelengkap seperti buah nangka, pisang, daging kelapa, pepaya, alpukat, kiwi, ceri, dan buah lainnya. Campuranbahan-bahan tersebut membuat minuman ini memiliki perpaduan rasa manis, asam, dan tentunya menyegarkan juga menyehatkan karena banyak mengandung vitamin.

2. Juhua Cha (Cina)

Chrysanthemum Tea atau teh bunga krisan atau orang Cina menyebutnya Juhua Cha merupakan salah satu minuman khas dari Cina. Minuman ini dijadikan teh herbal dan digunakan untuk pengobatan-pengobatan tradisional. Dipercaya dapat untuk mengobati sakit tenggorokan, panas dalam, demam, dan flu. Pembuatannya pun gampang, yaitu dengan memasukkan bunga krisan ditambah gula batu, lalu diseduh dengan air mendidih.

3. Sujeonggwa dan Saenggang Cha (Korea)

Minuman ini terbuat dari kesemek kering, jahe, serta campuran kayu manis dan diberi kacang pinus untuk pemanis saat disajikan. Sujeonggwa biasanya banyak dijual saat liburan tahun baru dan Korean Moon Festival atau kala pesta barbeque. Bisa disajikan panas dan dingin sesuai selera.

Saenggang Cha adalah minuman yang terbuat dari perpaduan teh dan jahe. Minuman ini sangat bagus untuk melancarkan sirkulasi darah, penghangat tubuh, serta mengobati diare.

4. Es Cendol dan Ronde (Indonesia)

Es cendol atau dawet merupakan salah satu minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung sagu, ada juga yang dibuat dari tepung beras dengan diberi pelengkap gula merah, santan dan es batu ataupun es serut.

Selain es cendol ada juga wedang ronde. Minuman ronde berisi bola-bola yang terbuat dari ketan putih, dilengkapi dengan kolang kaling, kacang tanah goreng, potongan roti, gula dan juga jahe. Memiliki aroma jahe yang khas dan dapat menghwngatkan tubuh.

5. Oliang (Thailand)

Minuman khas Thailand satu ini berbahan dasar kopi yang dilengkapi dengan rempah serta biji-bijian seperti kapulaga, biji wijen, sari beras, sari kedelai, dan sari jagung sebagai pemanis alaminya. Oliang akan lebih nikmat jika ditambahkan susu kental manis.

6. Matcha (Jepang)

Jika Anda berkunjung ke Negara Sakura, jangan lupa mencicipi minuman satu ini, yaitu matcha. Matcha merupakan teh khas Jepang, biasaya digunakan untuk acara jamuan-jamuan tamu. Matcha yang berkualitas bagus memiliki rasa manis. Rasa manis yang dihasilkan matcha ini, di Jepang digunakan untuk pemanis makanan seperti mochi, es krim, ataupun yoghurt.

7. Thai Ice Tea (Thailand)

Rasa original dari Thai ice tea adalah rasa rempah karena dibuat dari thai black tea, biji asam, susu kental manis dicampur dengan orange blossom, bunga lawang, cengkih, dan kapulaga. Minuman ini memiliki warna khas, yaitu orange.

8. Air Mata Kucing (Malaysia)

Air mata kucing merupakan sebutan buah kelengkeng. Minuman ini merupakan olahan dari irisan buah kelengkeng dicampur dengan buah kundur, air, gula, dan lo han kuo sejenis buah rambat dari Cina.

Itulah ulasan 8 minuman unik khas Asia. Anda tertarik? Maka jangan lupa mencobanya jika Anda berkunjung ke negara-negara tersebut.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like