Inilah 7 Tips Tetap Bahagia Selama Menemani Anak Ujian PAS

Hi, Miks!

Minggu ini adalah awal anak-anak menjalani masa PAS (Penilaian Akhir Semester). Semenjak masa pandemi menemani anak belajar di rumah merupakan rutitinas tambahan yang menyita waktu. Nah, agar orang tua tidak stres dan tetap bahagia mendampingi anak selama PAS, ikuti tujuh tips di bawah ini.

1. Pastikan Sarapan Bergizi

Sebelum mulai mengerjakan ujian, pastikan anak-anak sudah sarapan dengan makanan yang bergizi. Sarapan membantu anak lebih konsentrasi dalam belajar serta meningkatkan daya ingat. Dengan demikian, prestasi belajar anak akan meningkat.

2. Siapkan Tempat yang Nyaman

Ruang belajar yang nyaman akan membuat anak bersemangat dan rileks sehingga fokus dalam mengerjakan ujian. Ajak anak membersihkan dan merapikan ruang belajar. Dengan demikian, hasrat belajar semakin meningkat dan mengerjakan ujian jadi semangat.

3. Pastikan Koneksi Internet Aman

Karena ujian dilakukan secara online, bisa saja terjadi gangguan koneksi internet. Oleh karena itu kita harus betul-betul memastikan kondisi internet di rumah stabil dan aman saat digunakan ujian online. Jadi, penting sekali, ya Miks, melakukan persiapan teknis dan uji coba.

4. Pastikan Anak Sudah Menguasai Materi

Pastikan anak sudah belajar sehari sebelum pelaksanaan ujian. Bisa dengan review materi yang diberikan guru atau membaca kembali buku catatan maupun buku pelajaran. Selain itu kita bisa memberikan beberapa latihan soal agar anak siap dalam menghadapi ujian, ya, Miks.

5. Kendalikan Diri dan Kelola Emosi

Kondisi dan mood belajar anak kadang susah diprediksi. Oleh karena itu, pastikan suasana hatinya baik. Jika kemudian memang suasana hati anak kurang baik, kita harus mampu mengendalikan diri dan mengelola emosi.

6. Orang Tua Hanya Menemani Bukan Mengerjakan Ujian

Ingat, ya, Miks. Meskipun ujian online, bukan berarti soal-soal dikerjakan oleh orang tua. Tugas orang tua adalah mendampingi anak ujian. Jika anak mendapat kesulitan atau tak memahami soal sebaiknya jelaskan maksud soal itu.

7. Kenali Gaya Belajar Anak

Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda. Ada tiga gaya belajar anak yaitu, visual, kinestetik dan auditori. Kita harus mengenal gaya belajar anak. Beberapa anak mudah menguasai pelajaran dengan membaca, tetapi ada juga yang lebih senang mendengar penjelasan. Di sisi lain ada anak yang lebih senang melakukan percobaan atau praktik langsung. Dengan mengenali gaya belajar anak, kita akan lebih mudah untuk mengarahkannya.

Demikilanlah tujuh tips agar kita tetap bahagia selama menemani anak ujian PAS. Semoga bermanfaat, Miks.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like