Inilah 6 Tips Keren Cara Mengendalikan Emosi

Pictures source: Pexels.com

Hai, Miks!

Dalam kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial tentunya Anda semua sering berinteraksi dengan banyak orang. Namun, terkadang seiring berjalannya waktu, hubungan pertemanan, relasi kerja, ataupun lainnya seringkali terjadi hal yang tak diinginkan. Akibatnya, Anda mengalami kekecewaan. Kekecewaan yang mendalam maka dapat membuat diri penuh dengan rasa amarah, mental dan emosi jadi tak terkendali. Meski amarah dan emosi baik untuk diluapkan, tetapi tetap perlu dikendalikan.

Banyak faktor yang menyebabkan emosi tak terkendali di antaranya, yaitu kurangnya tidur, adanya permasalahan disebabkan faktor internal maupun eksternal seperti masalah pekerjaan, finansial, pribadi, dan lain-lain. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara-cara mengendalikan emosi atau kemarahan. Yuk, simak beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan emosi:

1. Diam

Ketika Anda sedang dalam keadaan emosi tinggi, diam merupakan salah satu cara upaya pengendalian yang dapat dilakukan. Karena dalam keadaan emosi jika tidak diam, tentunya akan ke luar kata-kata kasar ataupun kata yang tak pantas dan pada akhirnya akan menimbulkan kerugian baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Emosi juga dapat membuat seseorang mengeluarkan perkataan secara otomatis keluar tanpa terkendali, tanpa berpikir.

2. Menyendiri Sementara/ Menenangkan Diri

Cara ini juga dapat Anda lakukan, jika emosi mulai menguasai diri. Dengan menyendiri maka dapat merenung dan juga berpikir jernih. Menyendiri sementara perlu dilakukan sebagai bentuk instropeksi diri. Jika Anda sudah dapat berpikir jernih maka solusi segala permasalah dan yang memancing emosi dapat segera terselesaikan.

3. Olahraga

Olahraga juga menjadi salah satu cara untuk meredam emosi. Karena dengan melakukan gerakan-gerakan, akan membuat oto-otot yang tegang menjadi rileks. Selain itu olahraga juga dapag menyehatkan tubuh Anda.

4. Tarik Napas yang Dalam Berulang Kali

Cara ini dipercaya dapat menurunkan tekanan darah sekaligus obat penenang alami. Dengan menarik napas dalam dan berulang-ulang maka akan membuat Anda lebih relaks.

5. Tuangkan Emosi dengan Menulis

Tuangkan segala kekesalan Anda dalam bentuk tulisan, seperti menulis diary. Cara satu ini juga ampuh untuk mengendalikan emosi karena dengan menulis semua hal yang menggangu pikiran akan menjadi ringan karena sudah tertuang dalam tulisan.

6. Berlibur dan Berpiknik

Salah satu cara lain yaitu dengan berlibur. Bisa jadi emosi tak terkendali karena Anda kurang berlibur karena berlibur dapat merefresh otak Anda sehingga ketika permasalahan datang emosi dapat terjaga dengan stabil. Sesekali ambillah waktu untuk bersantai dan berlibur dan berpiknik. Liburan tak harus mahal, asal ke luar rumah dan pergi ke salah satu tempat baru yang belum pernah dikunjungi pun sudah bisa untuk refreshing. Dengan melihat suasana baru hidup akan jadi penuh warna dan membuat Anda lebih bahagia.

Itulah ulasan cara mengendalikan emosi saat Anda dihadapkan suatu permasalahan. Emosi adalah hal yang wajar maka luapkanlah pada tempatnya. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like