Syukuri 3 Hal Ini, Niscaya Dunia Berasa Milik Sendiri

Pictures source: Pexels.com

Hai, Miks!

Tiap bangun pagi apa yang ada di benak Anda? Duduk sebentar, bersyukur pada Tuhan karena masih menitipkan napas untuk membersamai orang-orang yang kita cintai, ambil air wudu lalu salat Subuh. Oke. What’s next?

Berpikir tentang rencana membuat sarapan untuk suami dan anak-anak, lalu, beres-beres rumah dan beraktivitas di luar. Bravo. Amazing, bukan? Semua itu dapat Anda lakukan dengan nyaman aman dan tenang. Gangguan sedikit pun tak jadi soal.

Nah, ternyata, nih, 3 hal di bawah ini bila ada dalam diri kita, niscaya berasa sensasi miliki dunia. Tak usah gundah gulana, berpikir harus punya ini dan itu, beli ini dan itu. Cukup 3 hal maka semua mengikuti.

1. Aman di Tempat Tinggal dan Keluarga

Bayangkan bila rasa ini Dia cabut, bagaimana akan terjadi? Na’udzubillah. Satu nikmat luar biasa, yang sampai saat ini kita rasakan. Nikmat yang membawa kepada nikmat-nikmat berikutnya. Tanpa rasa aman, kita bisa apa? Rasa aman ini semoga dapat menjadikan kita lebih bersyukur. Dengan syukur, keamanan semoga senantiasa dapat kita rasakan.

2. Sehat Jasmani

Salah satu kenikmatan berharga yang sering kali luput adalah nikmat sehat. Dapat membersamai anak-anak untuk BDR, membuatkan mereka camilan, melayani suami, pergi bekerja ke kantor ataupun melakukan bisnis rumahan, semuanya tak bisa dilakukan bila kesehatan sedang bermasalah. Nikmat sehat akan berasa nikmatnya bila kita sedang sakit. Nikmat sehat ini, yuk, kita gunakan untuk kebaikan. Ya, ini sebagai salah satu ekspresi rasa syukur pada Tuhan.

3. Berkecupan Supply Makanan

Miks, tak kalah dahsyatnya nikmat satu ini, bahkan sering kali tersedia stok hingga satu pekan ke depan lengkap dengan list menu tertempel di dapur. Apalagi saat BDR seperti ini, kebutuhan cemilan anak-anak makin meningkat. Pernahkah terpikir bagaimana bila semua ini tidak ada? Bagaimana rasa mereka, orang-orang lemah yang masih berjibaku hanya untuk urusan sarapan saja? Sementara kita, tak hanya supply sarapan saja. Satu pekan ke depan pun kita sudah siapkan. Ah, nikmat dan nikmat terus yang ada.

Nah, bila kita senantiasa mensyukuri tiga hal di atas niscaya dunia serasa kita miliki. Tak perlu iri dengan yang lain, 3 hal di atas sangat cukup untuk menjadikan kita bersyukur.

Semua ini terekam dalam hadis di bawah:

مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ آمِنًا فِي سِرْبِهِ ، مُعَافًى فِي جَسَدِهِ ، عِنْدَهُ قُوتُ يَوْمِهِ ، فَكَأَنَّمَا حِيزَتْ لَهُ الدُّنْيَا

Siapa dari kalian yang aman di tempat tinggalnya, sehat jasadnya, punya makanan untuk hari itu, maka seakan-akan ia mendapatkan dunia (HR. Al Bukhari, dalam Adabul Mufrad)

Bagaimana, Miks? Menjadi orang kaya dengan memiliki dunia tidak susah, bukan? Selamat menikmati 3 nikmat di atas!

 

 

1 Shares:
8 comments
  1. MasyaAllah 3 hal yg Sangat simple dan sederhana tapi kadang kita lupakan,terlalu banyak angan2 sehingga kadang melupakan 3 hal diatas,.
    Jazakallahu khoir ustadazah Latifah Munawaroh.

  2. MasyaAllah, Jazakillah khair Ustadzah. Reminder banget ini, kadang kita terlalu muluk untuk urusan dunia padahal 3 hal tersebut sdh cukup untuk memenuhi kebutuhan dunia kita. Seringnya lupa bersyukur akan 3 hal tersebut.😔

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like