Dahsyatnya Ayat Kursi, Inilah 6 Keutamaannya!

Picture Source: Masandy.com

Hai, Miks!

Sebagai seorang muslim, sudah pasti kita semua tahu apa itu Ayat Kursi, ya. Barangkali, Ayat Kursi pun sudah ada di memori kita, semua sudah hafal. Ya, ayat yang selalu dibaca tiap selesai salat, sebelum tidur, tiap pagi ataupun sore hari.

Berikut Ayat Kursi yang terekam dalam Surat al-Baqarah: 255. Mari kita baca bersama:

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِندَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapa yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Ayat Kursi di atas ternyata memiliki kedahsyatan yang luar biasa. Simak 6 keutamaannya di bawah ini:

1. Ayat Kursi Adalah Ayat yang Paling Agung dalam Al-Qur’an

Semua ayat dalam Al-Qur’an tentu ayat-ayat agung, ya, Miks. Sebagai seorang muslim kita pahami bersama satu hakikat ini. Namun, di antara ayat-ayat Al-Qur’an terdapat ayat yang paling agung. Nah, ayat kursi ini merupakan ayat yang paling agung. Simak hadis di bawah ini:

“Ubayyi bin Ka’b berkata: Rasul saw bersabda: (Wahai Abu al-Mundzir! Apakah Anda tahu ayat yang mana di kitab Allah Swt. yang paling agung?). Aku menjawab: hanya Allah dan Rasul-Nya yang tahu. Dia kemudian berkata lagi: (Wahai Abu al-Mundzir! Apakah Anda tahu ayat yang mana di kitab Allah Swt. yang paling agung?). Aku menjawab:

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ,  

Maka beliau pun menepuk dadaku dan berkata: (semoga engkau mudah menimba ilmu dan kelak menjadi alim, wahai Abu al-Mundzir!)”(HR. Muslim)

2. Ayat Kursi Adalah Rajanya Al-Qur’an

Bila Al-Qur’an diibaratkan istana, maka ayat kursi ini adalah rajanya. Karena raja maka ia adalah yang dinomorsatukan. Maka ayat kursi ini adalah raja Al-Qur’an.

“Abu Hurairah RA berkata: Rasul saw bersabda: (di Surah Al-Baqarah terdapat ayat yang merupakan Sayyidah (ratu, miss universe) ayat-ayat Al-Qur’an.” “(HR.Hakim, Almustadrak ala shohihain)

3. Baca Ayat Ini, Niscaya Rumah Terhindar dari Gangguan Setan

Salah satu makhluk gaib, yang tidak bisa dilihat adalah setan. Setan yang kita yakini selalu mengganggu manusia, bahkan selalu mengajak kepada kejelekan. Namun, dengan membaca Ayat Kursi di rumah, maka setan akan kabur meninggalkan rumah kita.

“…. dia tidak dibaca di dalam sebuah rumah yang dihuni setan, kecuali setan tersebut ke luar. Ayat itu adalah Ayat Kursi.”(HR.Hakim, Almustadrak ala shohihain)

4. Ayat Kursi Merupakan Penjaga Seseorang

Sering kali mimpi jelek bila tidur, Miks? Atau mungkin anda tidak nyenyak tidur? Tidak pula merasakan ketenangan pada saat istirahat malam? Bisa Anda coba membaca ayat ini sebelum tidur, ia akan menjadi penjaga Anda hingga pagi.

“Biarkan aku mengajarimu beberapa kalimat yang Allah memberimu manfaat dengannya. Jika engkau berangkat tidur, bacalah ayat kursi. Dengan demikian, akan selalu ada penjaga dari Allah untukmu, dan setan tidak akan mendekatimu sampai pagi.”(HR. al-Bukhari)

5. Pelindung dari Pagi Hingga Sore dan Sebaliknya

Ingin merasa aman terlindungi dalam menjalankan aktivitas, Miks? Dengan zikir hati akan tenang. Dengan zikir, kita akan terlindungi. Salah satunya, dengan Ayat Kursi yang kita baca di pagi hari maka kita akan terlindungi.

 “Barangsiapa membacanya ketika sore, ia akan dilindungi dari kami sampai pagi. Barangsiapa membacanya ketika pagi, ia akan dilindungi sampai sore.” (HR. ath-Thabrani)

6. Ayat Kursi Membawa Pembacanya ke Surga

Surga menjadi cita-cita terbesar seorang muslim, bahkan cita-cita ini tak hanya sekadar menjadi cita-cita ataupun omong kosong. Segenap amal dan doa selalu kita langitkan supaya dapat membawa ke sana. Nah, salah satunya dengan Ayat Kursi. Jaga Ayat Kursi setelah ibadah salat kita, niscaya dapat menjadi sarana menuju ke Surga.

 “Barangsiapa membaca ayat kursi setelah setiap salat wajib, tidak ada yang menghalanginya dari masuk Surga selain kematian.” (HR. ath-Thabrani)

Nah, 6 keutamaan di atas bisa menjadi motivasi kita untuk mengamalkan. Bila Anda belum hafal, maka dengan membaca terus pada tiap kali salat, tiap pagi dan sore, ataupun sebelum tidur, maka dijamin Anda akan hafal dengan sendirinya. Mudah, bukan? Selamat mengamalkan dan menuai keutamaannya!

 

1 Shares:
4 comments
  1. Masya Allah…jazakillah khoir mi …tulisan yang pendek tapi padat semoga lbh mudah nyantolnya di kepala ..dan bisa disampaikan kepada yang lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like