Ibu Bekerja, Perhatikan Quality Time dengan Anak Berikut Ini

Picture source: Pexels.com

Halo, Miks!

Seorang ibu yang mempunyai kegiatan bekerja di luar urusan domestik rumah tangga pastinya berbeda dengan ibu yang mengurus rumah tangga secara penuh. Sejatinya, tugas seorang ibu yang utama adalah mengurus rumah tangga dan mendidik anak di rumah. Lantas, bagaimana jika seorang ibu memilih bekerja atau tidak ada pilihan lain selain bekerja? Jangan bersedih, ibu yang bekerja dengan niat yang baik juga akan mendapat pahala.

Hal yang membuat ibu bekerja sedih ketika harus berangkat kerja adalah meninggalkan anak, apalagi jika anaknya masih kecil. Seringkali anak merengek tidak mau ditinggal bekerja. Kurangnya quality time antara ibu dengan anak dapat menyebabkan hubungan ibu dan anak menjadi renggang.

Waktu terasa begitu cepat, dari pagi sampai ke pagi lagi, tetapi Anda bisa memaksimalkan quality time dengan keluarga, terutama anak, ketika Anda berada di rumah. Quality time itu penting untuk membangun kedekatan emosional dengan anak.

Lantas, bagaimana caranya, ya? Yuk, simak ulasannya!

Hadir ketika Anak Bangun Pagi

Ketika anak baru bangun tidur, usahakan untuk hadir. Berikan pelukan dan ucapan sayang, misalnya, “Eh, anak kesayangan mama sudah bangun”. Anda bisa lanjut dengan memeluk dan menciumnya untuk menunjukkan rasa sayang.

Temani Aktivitas Anak sebelum Berangkat Kerja

Sebisa mungkin Anda menyempatkan diri untuk menemani anak beraktivitas harian. Contoh kegiatannya adalah salat berjamaah bersama keluarga, memandikannya jika anak masih kecil, atau menyuapi makan jika waktunya belum mepet.

Menelepon Rumah ketika Jam Istirahat

Di saat jam istirahat, ada baiknya Anda menelepon rumah untuk mengetahui keadaan anak. Mendengarkan si kecil bercerita juga akan meningkatkan produktivitas kerja, lo. Selain itu, rasa kangen pun terobati. Anda bisa menanyakan kegiatan anak di rumah. Anak pun bahagia karena merasa diperhatikan.

Pulang ke Rumah dalam Keadaan Bahagia

Setelah bekerja, tubuh pastinya merasa lelah. Namun, usahakan agar mood tetap bahagia. Pulanglah ke rumah dengan senyum bahagia dan sambutlah anak dengan pelukan dan kata-kata sayang.

Berikan Perhatian Penuh ketika Anda di Rumah

Sebisa mungkin Anda berikan perhatian penuh ketika berada di rumah. Sebaiknya tidak menggunakan gawai ketika sedang bersama anak. Hadirkan diri dan hati utuh untuk membersamai anak. Anda bisa menemani waktu belajarnya di malam hari maupun membacakan dongeng sebelum tidur.

Demikian tips memaksimalkan quality time bersama anak bagi ibu bekerja. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like