Inilah Resep Tumis Daging Maknyus Temannya Makan Nasi

Picture source: Fimela.com

Hai, Miks!

Makan nasi sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang Indonesia, bahkan ada yang merasa belum makan kalau belum makan nasi. Tentu saja, nasi tidak dimakan sendiri. Ada berbagai menu yang dapat disajikan sebagai pelengkap menyantapnya. Jenisnya bisa berupa lauk atau sayur. Salah satu menu pelengkap itu adalah masakan daging sapi.

Mungkin mendengar kata masakan daging, yang langsung terlintas di pikiran Anda adalah hidangan sop atau soto. Masakan berkuah ini memang menyegarkan rasanya. Namun, daging sapi tidak hanya bisa diolah menjadi sop atau soto. Daging sapi juga bisa diolah menjadi masakan yang tidak berkuah bening, seperti dimasak menjadi rendang atau tumisan.

Untuk masak daging dengan proses yang sederhana dan tidak terlalu memakan waktu, menu tumisan daging bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini ada resep tumis daging maknyus yang bisa Anda sajikan untuk keluarga tercinta.

Resep Tumis Daging Maknyus

Bahan

500 gr daging has dalam, margarin atau minyak goreng secukupnya, 2 sendok makan minyak wijen (boleh tidak dipakai), 3 siung bawang putih, 1 buah bawang bombay ukuran sedang, kaldu jamur secukupnya, saus teriyaki secukupnya, kecap manis secukupnya, dan garam secukupnya.

Cara Membuat

  1. Cuci bersih daging sapi, lalu potong menjadi irisan tipis.
  2. Cacah bawang putih.
  3. Iris tipis bawang bombay.
  4. Lelehkan margarin atau panaskan minyak goreng.
  5. Masukkan bawang putih yang telah dicacah. Tumis hingga harum.
  6. Masukkan irisan daging sapi, aduk rata. Tuang air sampai di atas permukaan daging sedikit.
  7. Masak dengan api sedang sampai air tinggal sedikit. Kira-kira 15—20 menit.
  8. Setelah air tinggal sedikit, masukkan minyak wijen dan irisan bawang bombay, lalu aduk rata.
  9. Masukkan kaldu jamur, saus teriyaki, dan kecap manis secukupnya. Tuang sedikit demi sedikit, lalu aduk rata.
  10. Tes rasa apakah sudah cukup asin manisnya. Tambahkan garam sedikit untuk memantapkan rasa atau bisa juga tidak dipakai kalau rasanya sudah pas.
  11. Masak lagi kurang lebih lima menit agar bumbu meresap.
  12. Tumis daging siap disajikan.

Nah, Miks, itulah resep tumis daging maknyus temannya makan nasi hangat. Sangat cocok disantap bersama dengan keluarga tercinta. Bisa juga dijadikan sebagai resep andalan. Masak sendiri pastinya lebih ekonomis, sehat, dan sesuai dengan selera.

Selamat mencoba.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like