5 Cara Asyik untuk Meningkatkan Literasi Anak

Picture source: Pexels.com

Halo, Miks!

Anda pasti tahu bahwa anak-anak butuh pendidikan untuk meningkatkan literasi mereka? Literasi bukan hanya menekankan pada kemampuan membaca dan menulis. Ada banyak manfaat lain yang bisa diperoleh. Anak akan lebih cerdas, memiliki pola pikir kritis dan logis, serta meningkatkan prestasi akademiknya.

Di era digital saat ini, anak seringkali lebih dekat dengan gawai dibandingkan buku. Kondisi ini seharusnya menjadi keprihatinan bersama. Orang tua sebagai orang terdekat bagi anak harus mengambil peran untuk mendekatkan anak pada dunia literasi. Lima cara asyik berikut ini bisa Anda lakukan. Kita simak, yuk!

1. Memberi Teladan kepada Anak

Orang tua adalah panutan bagi anak. Tindakan yang orang tua lakukan akan menjadi contoh bagi anak. Jadi, para orang tua harus mencintai dunia literasi terlebih dahulu. Banyak, lo, orang tua yang menginginkan anaknya mencintai literasi, tetapi mereka lebih asyik dengan gawai saat berada di rumah. Mulai sekarang, kita biasakan untuk membaca buku, yuk!

2. Mengagendakan Belanja Buku

Ketika Anda belanja, jangan lupa untuk mampir ke toko buku, ya. Belanja di mal pasti asyik dilakukan bersama keluarga. Membeli satu atau dua buku untuk anak tentu membuatnya senang. Belanja buku bisa juga dilakukan secara daring, lo, Miks.

3. Surat-menyurat dengan Anak

Anak-anak sering tidak bisa mengutarakan keinginan dan perasaannya secara lisan. Anda bisa memancing kemampuannya dengan menulis surat kepada anak. Gunakan kertas, email, obrolan, atau pesan pada aplikasi media sosial sebagai medianya. Anak bisa menuliskan keinginan, perasaan, dan keluh kesah, atau sekadar bercerita tentang diri dan temannya. Anda bisa membalasnya dengan dukungan, saran, atau menuliskan cerita lucu sehingga anak terhibur. Melalui kegiatan ini, akan terbiasa menulis, meskipun dalam jumlah kata yang sedikit.

5. Membiasakan Anak Menulis Buku Harian

Dengan membiasakan anak menulis buku harian, anak juga akan terbiasa menulis. Anak bisa menuliskan cerita tentang kegiatannya di sekolah, bermain bersama teman, kesukaan, atau ide-idenya di dalam buku harian. Menulis buku harian juga bermanfaat untuk melatih si kecil menulis sesuai alur logika.

6. Membuat Perpustakaan Kecil

Buku-buku akan lebih rapi ketika ditempatkn di ruang khusus. Jika area rumah terbatas, kita bisa menaruh lemari buku kecil di sudut ruangan. Anda bisa mengundang anak-anak di sekitar rumah untuk ikut membaca di perpustakaan kecil ini. Dengan membaca bersama dengan teman-temannya, anak akan semakin bersemangat melahap isi buku.

Itulah lima cara asyik meningkatkan literasi anak. Kuncinya, lakukan semua itu tanpa paksaan sehingga anak merasa senang. Selamat mencoba, Miks!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like