7 Langkah Mudah Menjaga Tubuh Tetap Langsing

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Beberapa bulan ini baju Anda tiba-tiba terasa sedikit sempit? Baju Anda yang menyusut atau berat badan Anda yang bertambah?  Lalu, Anda akan menutup mata ketika menimbang badan? Ya, menjadi langsing adalah idaman bagi setiap orang, terutama perempuan.

Gaya hidup modern, membuat sebagian besar orang memanfaatkan teknologi. Kendaraan bermotor dan gawai, misalnya, secara perlahan meminimalisir gerak tubuh kita. Hal ini tentu saja memicu kegemukan yang dapat saja terjadi pada siapa saja, laki-laki, perempuan, bahkan anak-anak.

Sebagian orang mungkin merasa bangga dengan kegemukan karena identik dengan kemakmuran. Namun, banyak juga yang kurang percaya diri dengan penampilan badan besar. Belum lagi kekhawatiran akan obesitas dan rawan terjangkit penyakit. Bagaimana pun langsing itu tetap lebih cantik dan modis dibanding gendut, bukan?

Nah, Miks, berikut tips mudah menjaga tubuh Anda tetap langsing.

1. Batasi Makan Gorengan

Menghindari makan gorengan mungkin tidak bisa dilakukan, sebab hampir setiap hari Anda menjumpai makanan yang digoreng. Nah, dengan membatasi konsumsi gorengan Anda akan mengurangi jumlah minyak yang masuk ke dalam tubuh. Misalnya, Anda bisa membuat pepes atau botok ikan untuk lauk. Untuk camilan gorengan, Anda dapat menguranginya dengan selingan buah yang lebih banyak.

2. Perbanyak Sayur Bening

Sayur memang bagus untuk tubuh, tetapi jika dalam pengolahannya Anda lebih banyak melibatkan minyak, seperti kuah santan atau tumisan tentu akan menambah lemak di dalam tubuh. Belum lagi jika lauknya digoreng atau bersantan, dobel lemak, bukan? Anda dapat membuat jadwal menu sayur bening secara bergantian, seperti sayur asem, sayur kunci, atau sup tanpa minyak. Selain lebih sehat, sayur ini juga membantu melancarkan pencernaan Anda.

3. Istirahat Itu Bukan Tidur

Tidur adalah istirahat. Namun, jika waktu istirahat diisi dengan tidur, sama halnya Anda menimbun lemak.  Oleh karena itu, Anda dapat beristirahat setelah aktivitas misalnya dengan membaca bacaan ringan, mendengarkan radio, mengobrol, menonton televisi, atau sekadar melihat pemandangan. Asalkan tidak tidur.

4. Berjalan Kaki

Hindari menggunakan kendaraan saat Anda pergi  ke tempat yang masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Misalnya pergi ke warung, musala, masjid, atau rumah tetangga. Selain bebas polusi tentu lebih sehat, bukan? Dengan sering berjalan kaki tidak terasa Anda telah membakar lemak dalam tubuh Anda.

5. Berolahraga

Sebagian orang mungkin jarang berolahraga tetapi tetap memiliki badan yang langsing. Meskipun demikian tetaplah sempatkan untuk berolahraga minimal sekali dalam seminggu, seperti  jogging, senam, bersepeda, berenang, berlari  atau olah raga lainnya. Selain menyehatkan tentu saja membakar lemak Anda.

6. Berpuasa

Dengan berpuasa  Anda dapat mengurangi konsumsi makanan dalam waktu paling tidak 13 sampai 14 jam sehari. Jika ini Anda lakukan satu atau dua hari dalam seminggu  tentu sedikit banyak akan membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Ini bisa menjadi alternatif lain sebagai cara menjaga agar timbangan tidak bergeser ke kanan.

7. Lakukan Hobi yang Bermanfaat

Dengan memiliki hobi tentu saja waktu senggang dapat diisi dengan kegiatan yang Anda gemari, seperti berkebun, bersepeda, memasak, membaca, menulis, dan sebagainya. Jadi, stres tidak mudah menghampiri Anda di mana sebagian besar orang melampiaskan stresnya lewat makan. Dengan melakukan hobi tentu saja badan dan pikiran Anda akan aktif karena aktivitas ini pun membutuhkan kalori yang tidak sedikit.

Nah, Miks, mudah dan sederhana, bukan? Anda tidak perlu melakukan diet yang menyiksa ataupun olahraga yang ekstrim. Makin sehat dan pastinya baju kesayangan Anda bisa muat kembali. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like