7 Tips agar Bisa Menghafal Al-Qur’an dengan Mudah

Picture source: cakrawalarafflesia.com

Hai, Miks!

Sebagai muslim tentunya kita sering membaca Al-Qur’an, ya. Namun, akan lebih bagus apabila kita menghafalkannya. Nah, di bawah ini terdapat beberapa tips menghafal Al Qur’an dengan mudah yang bisa Anda prakktikkan. Yuk, simak ulasannya!

1. Niat

Niatkan dengan sungguh-sungguh bahwa kita ingin menghafal Al-Qur’an dengan mengharapkan rida Allah.

2. Bersihkan Hati dan Pikiran

Pada saat akan memulai menghafal Al-Qur’an usahakan pikiran kita bersih. Artinya, kita selalu berhusnuzan pada siapa pun. Bersihkan hati kita dari perasaan atau hal-hal yang negatif. Sebagai contoh, jika kita pernah disakiti oleh orang lain maka maafkan orang itu. Sebaliknya, apabila kita pernah menyakiti atau menyinggung perasaan orang lain,  segeralah minta maaf pada yang bersangkutan.

3. Baca Berulang-ulang

Cara ini dilakukan dengan mengulang perkata ayat yang dihafalkan. Misalnya, kita membaca surah Ad Dhuha sebanyak tiga kali, kemudian kita lafalkan tanpa melihat Al-Qur’an sebanyak lima kali. Lakukan hal yang sama pada ayat berikutnya.

4. Menulis Surah yang Dihafal Berulang Kali

Apabila  merasa sulit untuk menghafal dengan cara dilafalkan maka kita bisa menggunakan cara kelima di bawah ini.

5. Mendengarkan Lantunan Surat yang Dihafal

Kita bisa mendengarkan surat yang dihafal dari aplikasi Al-Qur’an di ponsel. Dengarkan setiap hari sesering mungkin.

6. Menghafal Al-Qur’an per Kata

Cara ini termasuk cara yang sangat mudah dan bisa lebih cepat hafal. Bacalah perkata dan ulangi minimal tiga kali, kemudian rangkaikan satu ayat dengan tanpa melihat Al-Qur’an.

7. Menghafal Al-Qur’an Talaqqi

Talaqi adalah metode  menghafal Al-Qur’an dengan  didiktekan oleh pembimbingnya (ustaz/ustazah), kemudian kita mengikutinya. Cara ini lebih baik karena lebih terarah. Makhraj dan panjang pendek bacaan akan terpantau oleh pembimbing sehingga kesalahan cepat terkoreksi.

Miks, jangan lupa juga sebelum dan sesudah menghafal baca doa terlebih dahulu, mohon kepada Allah agar usaha kita untuk menghafal ayat Al-Qur’an diberikan kemudahan. Al-Qur’an itu mudah maka terus berusahalah untuk menghafalnya dengan kemudahan yang Allah berikan.

Bacalah Al-Qur’an setiap hari, sesering mungkin. Jadikan membaca Al-Qur’an sebagai kebutuhan yang apabila ditinggalkan akan terasa ada yang kurang. Satu hal lagi yang pasti bahwa Al-Qur’an adalah penolong kita di kemudian hari.

Nah, Miks, silakan pilih cara mana yang akan diambil untuk menghafal Al-Qur’an. Semoga Allah memberikan kemudahan dan keridaan-Nya kepada kita semua.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like