Yuk, Kenali 10 Pasta yang Sering Kita Jumpai

Picture source: Rukita.co

Hai, Miks!

Pasta adalah makanan khas Negara Spaghetti yang sudah banyak dikenal di Indonesia. Italia sampai diberi sebutan Negara Spaghetti, padahal spaghetti hanyalah salah satu jenis pasta yang ada. Pasta adalah sebutan untuk berbagai jenis makanan yang diberi bumbu dan saus, demikian makna dalam bahasa Inggris.

Pasta adalah salah satu makanan olahan terkenal yang digunakan pada masakan Italia. Pasta ini dibuat dari campuran tepung terigu semolina, telur, minyak zaitun, dan garam. Tepung terigu semolina sendiri berasal dari gilingan biji gandum durum.

Di luar Italia, pasta biasanya dijual dalam bentuk kering pada sebuah kemasan. Pasta dalam bentuk kering ini dibuat di pabrik dengan menggunakan mesin. Pasta kering ini dapat disimpan dan tahan selama tiga tahun bahkan lebih. Pasta kering ini lebih awet disimpan karena hanya memiliki kandungan air sebanyak 10%.

Di beberapa restoran, pasta segar atau pasta rumahan dibentuk dahulu dengan tangan sebelum kemudian direbus. Pasta segar atau pasta basah ini tidak dapat disimpan lebih lama karena memiliki kandungan air yang tinggi.

Kadang kita dapat juga menemukan pasta beku di pasar swalayan. Pasta jenis ini sudah dimasak dan tidak perlu direbus lagi. Cukup dengan memanaskannya dengan oven atau microwave saat ingin menikmatinya.

Sering kali berbagai nama pasta yang ada di pasaran membingungkan kita. Bila ada menu di sebuah resto, terkadang bila tidak ada gambarnya, akan membuat kita menanyakan bentuknya pada pramusaji di sana. Terlebih lagi bila kita ingin memasaknya sendiri di rumah, mungkin akan kesulitan memilih jenis pastanya.

Agar tidak bingung lagi dengan berbagai nama makanan khas Italia itu, yuk, kita kenali 10 jenis pasta yang diberi nama sesuai dengan bentuknya yang sering ada di sekitar kita.

1. Spaghetti

Dari bahasa aslinya, spaghetti artinya tali atau kecil. Pasta jenis ini adalah jenis pasta yang paling umum di sekitar kita. Berbentuk panjang dan lurus, tetapi setelah direbus bentuknya menyerupai mi. Meskipun bentuknya sama, variasi spaghetti ini ada beberapa berdasarkan ukurannya.

Variasi spaghetti yang dimaksud antara lain bernama spaghetti alla chitarra, spaghettini, dan spaghetonni. Jenis spaghetti ini paling umum dijual atau disajikan dengan nama menu spaghetti ala bolognese, saus yang terbuat dari daging cincang dan biasanya ditaburi dengan keju parut.

2. Linguine

Dari namanya kita dapat menandai bahwa linguine adalah berbentuk lebih lebar dan pipih daripada spaghetti. Linguine berarti ‘lidah kecil’ memiliki variasi yang diberi nama bavettine, bavette fini, radichini, trenette, dan linguettine.

3. Fettuccine

Bentuknya seperti kwetiau di sini. Berukuran lebih lebar dari linguine. Fettucinne sering disajikan bersama saus tomat dengan taburan daging atau carbonara. Pasta jenis ini juga sering ditemukan di menu resto di Indonesia.

4. Macaroni

Macaroni adalah jenis pasta yang paling ‘merakyat’ sepertinya di Indonesia. Sekarang macaroni ini diolah menjadi berbagai jenis makan, bahkan ada yang digoreng dan dibuat kudapan seperti keripik dengan taburan bubuk perasa yang bermacam-macam.

Berbentuk seperti pipa yang melengkung dan berlubang di tengahnya. Macaroni ini juga dapat disajikan dengan cara dipanggang dengan dicampur dengan susu dan keju atau biasa disebut macaroni schutel, serta dapat juga dijadikan campuran dalam sup yang bening.

5. Ravioli

Di Indonesia, jenis pasta ini mirip dengan makanan yang diberi nama pangsit tetapi berbentuk kotak. Selain berbentuk kotak, ravioli ini dapat juga berbentuk setengah lingkaran atau mirip dengan pastel. Sesuai dengan namanya yang berarti membungkus, ravioli ini adalah adonan pasta tipis yang memiliki isian daging cincang yang dicampur dengan sayuran. Kemudian disajikan dengan kaldu atau saus.

6. Fusilli

Pasta dengan nama fusilli ini berbentuk spiral dan pendek. Dapat diolah dengan saus krim dan kacang polong. Selain itu, fusilli ini dapat juga dijadikan campuran dalam sup.

7. Penne

Bentuk pasta dengan nama penne ini adalah seperti tabung kecil, berlubang pada bagian tengahnya, dan dipotong miring pada bagian tepinya. Pasta ini diberi nama penne karena bentuknya seperti mata pena. Penne berapa dari bahasa Latin yaitu penna, yang artinya  pena atau bulu. Pasta penne ini sering disajikan dengan saus krim atau saus tomat dengan cacahan daging sebagai pelengkapnya.

8. Farfalle

Bila Anda menjumpai pasta dengan bentuk seperti dasi kupu-kupu, inilah jenis pasta yang namanya farfalle. Pasta jenis ini memang bentuknya cantik seperti dasi kupu-kupu yang bergerigi pada bagian tepinya. Farfalle cocok disajikan dengan berbagai macam saus, tetapi sering disajikan dengan saur krim dan tomat.

9. Lasagna

Dari bahasa asalnya lasagna ini adalah jenis pasta yang berisi daging dan sayur-sayuran. Lasagna ini berbentuk lembaran tipis, disusun lapis tujuh dengan isian yang beragam sesuai selera. Isiannya dapat berupa daging sapi atau ayam cincang, sayuran, seafood, dan isian lain yang telah dicampur dengan saus.

Setelah disusun dan diberi isian, kemudian dipanggang. Kulit atau lembaran lasagna ini dibuat dari adonan tepung terigu sama seperti bahan pasta lainnya. Lasagna adalah jenis pasta tertua di dunia yang dapat dijumpai dalam sejarah Yunani.

10. Capellini

Capellini ini sering juga disebut sebagai angel hair. Berukuran sangan kecil, lebih lembut daripada spaghetti, dengan diameter 0.85 hingga 0.92 milimeter. Karena sangat kecil waktu yang diperlukan untuk memasaknya tidak terlalu lama. Capellini ini dapat disajikan dengan sayur dan campuran daging yang dicampur dengan saus khas Italia.

Meskipun istilah atau nama untuk pasta ini memang sulit dihafal oleh lidah Indonesia, setidaknya cara mudah menghafalkannya dengan melihat bentuk pasta tersebut. Sekarang, memilih pasta sudah tidak kesulitan lagi, ya, Miks.

 

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like