Lakukan 3 Langkah Ini untuk Mengajarkan Empati pada Anak

Picture source: momlifetoday.com

Halo, Miks!

Mengenalkan dan mengajarkan empati pada anak sejak dini sangat penting karena rasa empati tidak bisa tumbuh dengan sendirinya tapi melalui pembiasaan sejak kecil. Empati adalah kemampuan seseorang untuk memahami perasaan atau kondisi orang lain secara emosional.

Bila anak tidak dikenalkan pada rasa empati, anak akan tumbuh menjadi orang yang egois, dan tidak mau memikirkan atau memahami kondisi orang lain. Nah, artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah apa yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan empati pada anak.

1. Beri Contoh

Anak melihat dan meniru. Bila Anda ingin anak belajar empati, Anda harus melakukannya terlebih dahulu tak ada gunanya Anda menceramahi anak panjang lebar bila Anda tak melakukannya juga. Membantu orang lain saat mereka mendapat musibah, memberi sumbangan ke panti asuhan dan berbagi dengan orang sekitar kita adalah beberapa contoh yang dapat dilakukan. Bila anak sering melihat Anda membantu orang lain atau berbagi dengan yang kurang beruntung maka anak akan melakukan hal yang sama.

2. Tunjukkan pada Anak bahwa Ada Orang-Orang yang Kurang Beruntung

Ajak anak mengamati lingkungan sekitar. Tunjukkan kepadanya bahwa ada banyak orang-orang yang nasibnya kurang beruntung seperti  para pengemis, anak-anak di panti asuhan, anak-anak yang terpaksa hidup di jalan, dan lain sebagainya. Tanyakan pada anak bagaimana perasaannya saat ia melihat orang-orang tersebut. Minta anak mengidentifikasi perasaannya terlebih dahulu. Jelaskan pada anak bahwa orang-orang yang nasibnya lebih baik harus membantu mereka yang kurang beruntung.

Anda juga bisa mengajarkan anak untuk bersyukur karena kondisi anak masih jauh lebih baik daripada anak-anak yang tinggal di panti asuhan atau jalanan.

3. Beri Kesempatan pada Anak untuk Melatih Rasa Empatinya

Rasa empati harus ditumbuhkan pada anak sejak anak masih kecil. Setelah memberi contoh dan menunjukkan pada anak bahwa kita harus tolong-menolong maka langkah selanjutnya adalah memberi kesempatan pada anak untuk melatih rasa empatinya.

Minta anak untuk melihat orang-orang di sekitar anak, adakah temannya yang butuh bantuan. Saat ada temannya yang  butuh bantuan, biasakan untuk mencari tahu apa yang bisa dilakukan anak untuk membantunya dan sebatas mana anak bisa membantunya.

Ajak juga anak ikut kegiatan sosial seperti mengumpulkan barang-barang bekas layak pakai untuk disumbangkan kepada korban bencana alam atau orang yang tidak mampu.

Ajarkan juga pada anak untuk tidak menyakiti dan menyiksa hewan karena hewan juga makhluk ciptaan Tuhan dan mereka juga punya hak untuk hidup. Terkadang ada anak-anak yang tidak diawasi oleh orang tuanya dan mereka suka menyakiti hewan. Jangan sampai anak melakukannya juga.

Nah, itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan empati pada anak. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like