Tajine, Resep Masakan Khas Maroko yang Cocok dengan Lidah Orang Indonesia

Picture source: Enni Sitepu

Hai,  Miks!

Mau tau resep tajine (baca: tajin), masakan khas Maroko yang biasanya disajikan saat berbuka puasa?

Saat berbuka, saat yang dinantikan bagi keluarga, di mana keluarga berkumpul dalam kebersamaan. Mereka menikmati kebersamaan itu  dengan masakan rumahan yang nikmat dan menyatukan.

Tajine adalah masakan yang berupa olahan daging atau ikan berbumbu yang di masak dengan api kecil agar stiap bahan mengeluarkan rasa dan menciptakan makanan yang nikmat.
Resep ini menggunakan satu ekor ayam utuh, dicampur bumbu-bumbu dan kismis. Cita rasa Maroko itu manis dan asin. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan-Bahan:
1 ekor ayam, sekitar 1,5 kg, 4 buah wortel, 100 gram kismis, 100 gram kacang almond (opsional), 4 buah bawang bombay, 2 buah bawang putih, segenggam daun parsley (daun prey), 2 lembar bayleaf (daun salam), 1 sendok teh ketumbar bubuk, 1 sendok teh jinten bubuk, 1 batang kayu manis, ¼ sendok teh bubuk pala, 500 ml kaldu ayam, 5 sendok makan minyak sayur, garam dan lada hitam secukupnya.

Cara Membuat:

  1. Potong ayam menjadi 8 bagian, atau sesuai selera.
  2. Kupas dan cacah bawang putih dan bawang bombay.
  3. Panaskan wajan dengan api sedang. Masukkan minyak sayur dan tumislah ayam hingga berubah warna sekitar 10 menit. Angkat dan sisihkan.
  4. Dengan wajan yang sama, tumislah bawang bombay dan kacang almond yang sudah di cacah kasar. Masak selama 5 menit.
  5. Masukkan kembali ayam yang sudah di tumis sebelumnya. Tambahkan bumbu-bumbu lain : bawang putih cacah, parsley, daun salam, ketumbar, jinten, kayu manis, pala, garam, dan lada hitam sesuai selera.
  6. Masukkan kaldu ayam, kecilkan api biarkan masak selama  25—30 menit, sambil di aduk sesekali.
  7. Sambil menunggu, kupas dan potong-potong wortel. Setelah 25 menit masukkan potongan wortel, kismis. Masak lagi selama 25 menit.
  8. Cek rasa, tambahkan garam jika dirasa kurang. Sajikan selagi hangat.

Nah, Miks, mudah bukan membuat masakan tajine ini?

Tips untuk Anda, jika tidak mempunyai bumbu yang berupa bubuk, bisa di ganti dengan bumbu segar: ketumbar butiran, jinten utuh, dan biji pala, ulek semua bersama garam dan bawang putih.
Masakan Maroko memang identik dengan cita rasa asin dan manis, jika suka pedas, bisa di tambah cabai bubuk atau potongan cabai saat memasaknya. Selamat mencoba, Miks.

 

1 Shares:
2 comments
    1. Terima kasih atas komentarnya Mbak Lathifah Munawaroh. Ditunggu resep-resep berikutnya ya 🙂
      Smoga mb bisa coba untuk keluarga di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like