Sabar Memang Sukar, Ini 7 Manfaatnya yang Wajib Anda Tahu

Picture source: desiringgod.org

Halo, Miks!

Sabar adalah satu kata yang mudah ditulis dan diucapkan, tetapi sangat sulit dipraktikkan. Setiap manusia di dunia ini pasti pernah mengalami cobaan hidup dari Tuhan dan orang lain yang melihat pasti akan dengan mudahnya mengucapkan kalimat, “Sabar, ya.”

Sangat manusiawi apabila saat ujian hidup datang menghampiri, Anda akan kaget, sedih, bahkan mungkin juga marah. Namun, ketika segala macam solusi sudah dilakukan dan tidak menampakkan hasil, bukankah sabar adalah satu solusi yang menjadi jawaban pamungkas? Nah, ada baiknya Anda mengetahui apa saja manfaat dari sikap sabar agar makin terbiasa menjalaninya. Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

1. Terhindar dari Penyakit Jantung dan Darah Tinggi

Orang yang tidak sabar atau cenderung memiliki sifat emosi tinggi dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi naik, kecepatan bernapas makin tinggi, dan otot-otot menjadi tegang. Kalau sampai pada tingkat yang paling parah, sangat berisiko memicu serangan jantung. Pada penelitian di 2003, ditemukan fakta bahwa orang yang memiliki sifat penyabar berisiko sangat kecil bisa terkena penyakit darah tinggi dan serangan jantung.

2. Terhindar dari Stres

Sabar membuat Anda menjadi lebih tenang dan fokus dalam menghadapi situasi yang tidak menyenangkan atau membuat hati Anda gregetan. Dengan begitu, Anda tidak terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu, yang justru akan menjadi beban pikiran. Akibatnya, timbul rasa stres yang dapat menimbulkan sejumlah penyakit, bahkan tidak jarang komplikasi yang dapat mengancam nyawa Anda.

3. Menikmati Proses

Ungkapan seperti ini pasti sudah sering Anda dengar, bukan? Ya, dengan menikmati dan menghargai proses dari aktivitas yang Anda jalani, membuat segala sesuatunya terasa lebih menyenangkan. Perasaan menjadi tenang dan damai karena Anda berpatokan bahwa semua akan indah pada waktunya. Jadi, bersabar dan nikmati saja prosesnya tanpa perlu mengeluh.

4. Meningkatkan Produktivitas

Sabar berarti Anda tidak akan terburu-buru dalam melakukan sesuatu. Segala sesuatu yang akan dikerjakan selalu diawali dengan perencanaan yang matang sehingga Anda dapat menyelesaikan dengan lebih baik dan rapi. Sebisa mungkin meminimalkan kesalahan-kesalahan kecil yang tidak perlu terjadi dan tidak membuang waktu untuk mengulang kembali.

5. Mengubah Cara Pandang

Tidak menyalahkan diri sendiri, orang lain, atau menyalahkan Tuhan atas semua musibah yang terjadi atau atas sesuatu yang berjalan tidak sesuai rencana. Cobalah mengubah cara pandang Anda bahwa semua orang juga harus melewati proses yang sama untuk mencapai tujuan, atau berempati pada orang lain sebelum menghakimi. Sikap empati akan menimbulkan rasa toleransi sehingga Anda menjadi lebih bijaksana dalam menyikapi.

6. Mempererat Hubungan Sosial

Apa maksudnya? Sifat tidak sabar ternyata tak hanya berdampak buruk bagi diri sendiri, tetapi juga orang lain. Apabila Anda sedang berada dalam sekumpulan orang maka saat Anda emosi, orang di sekeliling Anda pun juga akan tertular emosi. Jangan kaget kalau kemudian mereka menjauhi Anda. Lain halnya kalau Anda mempunyai sifat sabar, pasti secara otomatis akan memunculkan aura positif di mata orang lain. Dengan begini, mereka pun akan selalu senang untuk berinteraksi dengan Anda.

7. Menjadikan Awet Muda

Ini pasti paling disukai banyak orang, bukan? Tampak lebih muda dari usia sebenarnya adalah sesuatu yang membahagiakan. Hal tersebut bisa didapatkan dengan selalu bersikap sabar. Dengan bersabar akan jauh dari rasa stres dan emosi yang menggebu. Ketika seseorang sedang marah maka kulit wajah akan terasa tegang dan saat orang merasa stres, kulit wajahnya akan terlihat mengendur. Apabila hal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang terus menerus maka wajah akan berisiko terlihat lebih tua.

Ternyata banyak sekali manfaat dari sifat sabar, ya, Miks? Yuk, tidak ada kata terlambat untuk belajar sabar mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like