Anda Penyandang Diabetes Melitus? Terapkan 7 Tips Ini agar Terhindar COVID-19

Picture source: Liputan6.com

Hai, Miks!

Bagimana kabarnya Anda hari ini? Semoga tetap dalam keadaan sehat dan dilindungi Allah Swt. dari wabah COVID-19, ya. Aamiin.

Penyandang diabetes mellitus akan lebih mudah mengalami gejala dan kompilasi yang lebih parah dibandingkan orang tanpa diabetes, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa 25% orang yang dilarikan ke rumah sakit yang mengalami gejala serius dari COVID-19 memiliki komorbit, yaitu penyakit diabetes mellitus. Hal tersebut terjadi karena kondisi gula darah yang tinggi sehingga menurunkan kemapuan tubuh untuk melawan infeksi, khusunya virus korona.

Berikut adalah tips bagi penyandang diabetes agar terhindar dari virus korona. Intip, yuk!

1. Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

 Lakukan selalu perilaku hidup bersih dengan membiasakan cuci tangan dengan sabun dan hindari menyentuh area muka, konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang dengan memperbayak asupan protein seperti telur, ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan. Lakukan olahraga rutin minimal 30 menit karena dapat meningkatkan imunitas dan tidak merokok.

2. Terapkan Physical Distancing

Pada penyandang diabetes mellitus harus selalu sadar bahwa dirinya memiliki komorbit, maka harus selalu jaga jarak secara fisik dengan orang lain khusunya orang karier (pembawa virus) dan sebaiknya bekerja di rumah saja, mengurangi ke luar rumah, dan menjauhi kerumunan.

3. Lakukan Kontrol Gula Darah secara Rutin

Cek gula darah harus sering dilakukan dari biasanya, suapaya selalu mengetahui kadar gula darah sehingga penyandang daiabetes menjaga gula darah agar kekebalan tubuh terjaga.

4. Jika Mengalami Gejala Periksa ke Pusat Pelayan Kesehatan

Apabila terjadi gejala seperti demam, sesak napas, segera mendatangi dokter, ya, karena jika terjadi infeksi segera ditangani lebih dini supaya risiko komplikasi dan gejala yang lebih berat dapat ditangani.

5. Pastikan Stok Obat dan Insulin Aman di Rumah, ya

Amaerican Diabetes Assosiation merekomendasikan pada orang dengan diabetes khususnya pengguna insulin harus mempersiapkan diri dengan pasokan insulin untuk 90 hari. Teruskan konsumsi obat oral juga, Jika sulit mendaptkan obat maka segera pesan lebih awal sebelum obat habis.

6. Lakukan Vaksinasi Influenza dan Pneumonia

Saat ini, belum ditemukan obat atau vaksin Virus Korona, tetapi bagi penyandang diabetes sebaiknya melakukan vaksinasi influenza dan pneumonia, karena dengan vaksi tersebut dapat mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi sekunder, yaitu pnemounia bakteri setelah infeksi virus menyerang pernapasan.

7. Tidak Takut Berlebihan

Langkah selanjutnya Anda jangan merasa takut yang berlebihan, ya, walau banyak kasus kematian karena COVID-19, Anda harus percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini semua atas izin dan ketentuan dari Allah Swt.

Demikian Tips terhindar dari COVID-19 bagi Penderita diabetes mellitus.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like