Menjadi Penulis Sukses, Kenapa Tidak? Ini Dia 9 Tips yang Bisa Diterapkan

Source: pexels.com

Halo, Miks!

Pada era digital seperti sekarang ini, profesi penulis bukan hal yang asing lagi. Banyak alasan untuk menekuni profesi ini. Ada yang menjadikan penulis sebagai profesi utama, terapi self healing, hobi, dan juga profesi sampingan untuk ibu rumah tangga yang ingin tetap berpenghasilan dari rumah. Waktu yang fleksibel juga menjadi alasan menarik untuk menekuni profesi ini.

Dalam melakukan kegiatan yang menjadi hobi, biasanya akan memicu semangat untuk sukses di bidang tersebut. Untuk menjadi penulis yang sukses, ada tipsnya, lo. Simak hal-hal penting berikut ini:

1. Berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa

Jadikan berdoa sebagai afirmasi positif untuk menjalani kegiatan. Awali hari dengan pikiran positif,  tepis pikiran negatif. Selalu yakin akan pertolongan Tuhan Yang Maha Esa. Anda dapat mempraktikkan penanaman afirmasi positif dengan mengatakan kata-kata positif melalui lisan maupun tulisan di media sosial Anda.

2. Meminta Doa dan Dukungan dari Orang Tua dan Pasangan

Dengan dukungan dan doa dari orang tua dan pasangan, pasti usaha Anda akan berjalan lancar. Tidak hanya itu, orang tua dan pasangan juga akan merasa senang karena dilibatkan dalam setiap usaha.

3. Bergabung dalam Komunitas Menulis

Dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, dan lain-lain, Anda akan menemukan teman-teman yang memiliki kesamaan hobi. Dari komunitas tersebut, Anda akan terpacu untuk menulis yang lebih baik, karena biasanya ada challenge latihan menulis. Setiap tulisan yang diunggah di grup tersebut, biasanya akan dikomentari oleh peserta yang lain.

Anda juga akan mendapatkan info-info tentang kepenulisan dari komunitas tersebut. Misalnya, info tentang lomba menulis, info pelatihan kepenulisan, info menulis buku antologi bersama-sama, dan lain-lain. Banyak info yang akan didapatkan dari bergabung dengan komunitas menulis.

4. Mengikuti Pelatihan Kepenulisan

Ada banyak pelatihan kepenulisan yang dapat diikuti, baik berbayar maupun gratis. Anda dapat memilih sesuai minat dan kemampuan. Misalnya, pelatihan menulis artikel, buku, cerpen, dan lain-lain. Anda juga bisa belajar sendiri dengan banyak membaca, baik melalui media cetak maupun media online. Seiring perkembangan zaman, ada juga pelatihan menulis daring yang waktunya lebih fleksibel.

5. Konsisten dan Tekun Menulis

Untuk menjadi sukses, Anda harus konsisten menulis. Usahakan untuk menulis sehari sekali, dua hari sekali, atau seminggu sekali bagi yang sibuk.

6. Mengirimkan Tulisan ke Media Online/ Media Cetak/ Penerbit

Untuk mengetahui apakah tulisan Anda sudah bagus dan layak diterbitkan, Anda harus konsisten mengirimkan tulisan ke media. Hal ini penting, karena tulisan Anda nantinya akan dikoreksi oleh editor. Jika tulisannya sudah bagus, tulisan Anda pasti akan terbit.

7. Miliki Target dalam Menulis

Target akan membuat kita semangat dan fokus. Anda perlu merencanakan berapa jumlah artikel maupun buku yang akan ditulis dalam jangka waktu tertentu.

8. Miliki Semangat Pantang Menyerah

Ketika tulisan Anda belum diterbitkan, jangan mudah putus asa dan pantang menyerah. Teruslah berlatih dan mencari letak kesalahan menulis dengan terus belajar.

9. Mengikuti Sertifikasi Penulis

Jika Anda ingin menjadi penulis yang berkompeten, Anda perlu mempertimbangkan untuk mengikuti sertifikasi penulis yang diadakan oleh BSNP. Sertifikasi ini ada yang bersubsidi dan berbayar. Untuk dapat mengikuti sertifikasi penulis, Anda harus memperhatikan syarat-syaratnya.

Demikian tips menjadi penulis sukses. Semoga bermanfaat.

 

 

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like