7 Tips Liburan Akhir Tahun di Saat Pandemi

Picture source: Pexels.com

Hello, Miks!

Liburan akhir tahun 2020 memang tidak bisa disamakan dengan liburan tahun-tahun sebelumnya. Ya, alasan utamanya apalagi kalau bukan karena pandemi korona. Bagi Anda yang sudah biasa berlibur ke luar kota atau luar negeri pasti merasakan kecewa, tetapi tidak sedikit juga yang justru mensyukurinya. Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah saja tanpa perlu boros biaya. Anda mau tahu? Mungkin ini bisa menjadi alternatif, ya.

1. Menjadikan Dapur sebagai Arena Uji Coba

Banyak di antara Anda yang mempunyai hobi memasak. Nah, silakan bersibuk-sibuk di dapur dan praktikkan semua resep makanan atau minuman yang selama ini masih sekadar rencana. Bisa juga karena selama ini sibuk bekerja dan tidak ada kesempatan untuk mempraktikkan resep-resep yang sudah menjadi incaran  Saat ini, banyak sekali resep-resep makanan dan minuman yang bisa dilihat melalui media sosial maupun YouTube. Namun, semua harus menyesuaikan dengan budget, tentunya. Dibandingkan dengan traveling, biaya praktik resep pasti jauh lebih irit. Dapur menjadi kotor? Santai saja.

2. Membuat Suasana Bioskop di Rumah

Kalau praktek memasak sudah, nonton film bisa menjadi agenda selanjutnya. Menonton film di rumah serasa nonton di bioskop, why not? Matikan semua lampu, hidupkan speaker, sediakan camilan, dan tentunya air minum,  lalu nikmati bersama seluruh keluarga. Jangan lupa, matikan semua gawai supaya suasana nonton film seperti benar-benar di dalam bioskop. Pilih film yang bisa dinikmati seluruh keluarga, misalnya film komedi atau film ber-genre keluarga.

3. Membuat Kerajinan Tangan

Sekarang ini banyak sekali tutorial membuat kerajinan tangan. Jenisnya pun sangat beragam. Tidak ada salahnya kalau orang tua dan anak-anak bisa terlibat bersama dalam kegiatan ini. Siapa tahu bisa menjadi lahan rezeki dan anak-anak bisa lebih semangat berkreasi. Gunakan barang-barang bekas, seperti kain perca, kancing-kancing, tutup botol, dan lain-lain. Kalau kegiatan ini bisa terus dilanjutkan, bisa saja anak-anak akan tergali jiwa berwirausahanya, dan this is good.

4. Melakukan Permainan Zaman Dahulu

Mungkin selama satu tahun ini Anda sangat sibuk dengan pekerjaan. Nah, mumpung ada liburan akhir tahun, gunakan dengan maksimal agar bisa bermain seru dengan anak-anak. Ada banyak jenis permainan yang bisa dilakukan terutama permainan zaman dahulu, misalnya monopoli, ular tangga, ludo, congklak, dan masih banyak lagi. Seru-seruan sekaligus bernostalgia. Asyik, kan?

5. Berkaraoke dan Nonton Konser

Kumpulkan lagu-lagu favorit seluruh anggota keluarga, pasanglah speaker, dan mulailah bernyanyi. Saat ini di YouTube sudah banyak video lagu versi karaoke yang memudahkan bagi siapa pun ingin bernyanyi. Bisa juga kalau ingin menonton konser penyanyi idola di YouTube dan bernyanyi bersama-sama, sambil mengikuti gerakan tangan penonton konser, dan menggoyangkan badan. Ini seperti nonton konser sungguhan. Seru, kan?

6. Beres-beres Seisi Rumah

Wah, ini waktu yang sangat pas! Hari libur akhir tahun biasanya sekitar satu minggu, sangat cukup waktu untuk menata ulang isi rumah sekaligus menyortir barang-barang yang sudah tidak akan dipakai lagi.  Perabotan yang sudah tidak layak tampak dan pakaian seluruh keluarga yang sudah tidak terpakai. Lakukan secara bersama dan matikan semua gawai supaya tidak ada gangguan selama melakukan kegiatan ini.

7. Rebahan atau Bermalasan

Tidak ada yang melarang andai waktu liburan hanya dipakai untuk rebahan atau tidak ngapa-ngapain. Rebahan, malas-malasan, dan menenangkan pikiran, apalagi kalau selama setahun ini badan dan pikiran Anda betul-betul merasa capek. Just relax. Rebahan bisa dilakukan pada hari terakhir liburan karena setelah merasa capek melakukan aktivitas seru bersama keluarga. Pesan makanan dan minuman secara daring juga tidak ada salahnya karena semua sedang betul-betul menikmati rebahan day.

Itulah beberapa tips yang bisa menjadi alternatif pilihan selama liburan akhir tahun di rumah saja. Semua hal bisa membahagiakan asal dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Semoga menginspirasi, ya.

 

 

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like