Inilah Resep Rica-Rica Mentok yang Diijamin Lezat

Picture source: reseponline.info

Hai, Miks!

Berbicara makanan Indonesia tak akan ada habisnya. Kelezatan dan cita rasanya pun tak diragukan lagi. Salah satunya yaitu daging mentok.

Mentok merupakan unggas sejenis bebek. Di indonesia mentok dijadikan sebagai hewan peliharaan. Unggas jenis peliharaan ini asalnya dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Populasi mentok ini hidup alami dan tinggal di rawa-rawa berhutan serta wilayah berpaya di sekitar danau dan sungai, termasuk di hilir lembah Sungai Rio Grande di Texas, serta Florida.

Mentok banyak memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan dalam daging mentok antara lain yaitu dari 3,7 ons daging mentok terkandung 200 kalori, 4 gram lemak jenuh, 125 mg kolesterol, 18 gram protein, dan zat besi. Tetapi sebaiknya bagi Anda yang mempunyai sakit kolesterol sebaiknya mengurangi atau lebih baik tak mengonsumsinya karena memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Disamping kandungan gizi yang banyak, sudah pasti mengonsumsi daging mentok juga memberikan banyak manfaat. Beberapa manfaat diantaranya yaitu dapat mencegah anemia, mengobati otot yang rusak, meningkatkan stamina, meningkatkan kekebalan tubuh dan menyeimbangkan hormon.

Sama seperti bebek, ataupun ayam unggas jenis mentok ini biasa dimanfaatkan dengan diambil daging dan telurnya untuk dikonsumsi. Rasa dagingnya juga lebih nikmat dan lezat dari daging ayam. Tetapi tanpa diolah tentunya tak akan jadi sajian yang lezat bukan? Amda ingin mencobanya? Yuk, coba resep rica-rica mentok berikut:

Bahan

1 ekor mentok, 15 bawang merah, 8 bawang putih, 3 cabai merah, 15 cabai rawit/sesuai selera, 5 buah kemiri, 1 sdm merica bubuk, 2 sdm ketumbar bubuk, 4 buah kunir, 1/2 ruas jahe, 1/2 ruas lengkuas, 1 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, 2 batang serai (geprek), santan kelapa, gula merah, penyedap, dan garam secukupnya.

Bumbu Halus

Bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabe rawit, kemiri, kunir, jahe, lengkuas, garam.

Cara Memasak

  1. Cuci daging mentok yang sudah dipotong hingga bersih. Rebuslah sampai daging empuk kurang lebih 1,5 jam atau bisa dengan menggunakan presto akan lebih cepat.
  2. Daging mentok yang sudah direbus, kemudian goreng setengah kering lalu tiriskan.
  3. Sisakan air rebusan mentok, untuk nantinya digunakan sebagai kaldu.
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi, kemudian masukkan juga daun jeruk, serai. Tumislah hingga baunya harum.
  5. Masukkan bumbu yang selesai ditumis ke dalam air kaldu. Tunggu sampai memdidih. Jangan lupa tambahkan daun salam.
  6. Kemudian masukkan daging mentok sampai bumbu meresap.
  7. Masukkan santan, gula merah, dan juga penyedap rasa. Tunggu hingga mendidih kembali.
  8. Tes rasa, jika dirasa sudah pas. Rica-rica mentok lezat siap disajikan.

Bagaimana? Sangat mudah dan dijamin lezat serta bergizi tinggi, ‘kan? Selamat mencoba.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like