Inilah 7 Tips agar Rajin Jalan Pagi

Picture source: lifestyle.okezone.com

Halo, Miks!

Zaman sudah mengalami perubahan yang sangat signifikan. Dahulu, melihat orang berjalan kaki di pagi hari bisa menjadi pemandangan sehari-hari. Anak-anak berangkat sekolah dengan berjalan kaki meskipun jarak antara rumah dan sekolah bisa mencapai sekian kilometer, para ibu pergi ke pasar pun berjalan kaki, dan masih banyak kegiatan yang dilakukan dengan berjalan kaki di waktu pagi.

Saat ini, ketika Anda mempunyai keinginan untuk jalan sehat di pagi hari selalu saja gagal dan hanya menjadi angan-angan belaka. Masuk di plan list number one, sih, tetapi selalu saja dikalahkan oleh rasa malas yang luar biasa. Alasan capek, bangun kesiangan, tiba-tiba malas, dan lain-lain alasan. Padahal menurut para ahli dibutuhkan kurang lebih 10.000 langkah setiap harinya agar dapat dikategorikan sebagai orang yang sehat, aktif, dan bugar.

Lalu, bagaimana agar Anda tidak malas melakukan olahraga jalan pagi? Adakah tipsnya? Yuk, simak beberapa penjelasan di bawah ini.

1. Memperbaiki Jadwal Tidur Malam

Hilangkan kebiasaan tidur terlalu malam dan ubah menjadi tidur lebih awal. Hal ini akan berpengaruh pada saat Anda bangun tidur di pagi harinya.  Durasi tidur yang cukup akan membuat Anda bangun pagi dalam keadaan segar dan lebih bersemangat. Kalau durasi tidur terlalu pendek, pasti akan berpengaruh pula pada suasana hati Anda ketika bangun tidur pagi harinya.

2. Menggunakan Pedometer

Pedometer adalah alat yang digunakan untuk menghitung jumlah langkah kaki yang sudah Anda jalani. Jadi, ketika Anda mulai berjalan, pedometer akan menghitung secara otomatis. Saat ini, sudah banyak aplikasi yang berfungsi sama seperti pedometer dan pasti lebih praktis karena setiap saat membawa gawai ke mana pun kita pergi. Tinggal aktifkan aplikasi tersebut, Anda akan tahu berapa langkah yang sudah ditempuh.

4. Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Anda harus paham bahwa besok pagi akan melakukan perjalanan jauh sekian kilometer, jadi kenakanlah pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Hindari pakaian yang ketat karena akan membuat tubuh cepat gerah, bahkan bisa menjadi biang keringat, bahkan iritasi kulit. Hindari juga pakaian yang terlalu berat atau berlebihan karena akan membuat Anda malas  berjalan jauh.

4. Mengajak Pasangan

Nah, ini yang paling menyenangkan. Mengajak pasangan untuk melakukan olahraga jalan pagi sudah pasti menjadi penyemangat tersendiri. Hal ini juga dapat menjadi momen indah karena Anda bisa mengobrol berbagai topik dengan pasangan. Mengobrol selama kurang lebih 45 menit saat jalan pagi bersama pasangan bisa terasa hanya 10 menit saja karena saking asyik dan serunya.

5. Sembari Mendengarkan Musik

Seru juga apabila di sela-sela Anda mengobrol dengan pasangan kemudian mendengarkan musik dan bersenandung bersama. Olahraga jalan kaki akan terasa sangat menyenangkan dan langkah kaki Anda pun menjadi lebih stabil karena menyesuaikan dengan irama musik yang ada. Lebih asyik lagi kalau Anda dan pasangan bisa bersenandung lagu-lagu nostalgia masa sekolah dahulu.

6. Melewati Rute yang Asyik

Setelah Anda berhasil melewati satu hari pertama pasti akan penasaran untuk mencari rute baru yang lebih asyik. Misalnya, melewati persawahan, perkebunan, pedesaan, dan rute lainnya yang belum pernah dilewati. Selain bisa meningkatkan semangat, melewati rute baru akan memunculkan pengalaman baru yang lebih seru tentunya.

7. Menjadikan Jalan Pagi sebagai Kebutuhan

Salah satu cara mudah untuk lebih rajin jalan pagi adalah dengan  menjadikan jalan pagi sebagai kebutuhan hidup. Seperti  halnya Anda butuh makan untuk sehat, butuh tidur untuk istirahat, butuh pakaian untuk menutup tubuh, dan kebutuhan penting lainnya. Dengan menjadikan jalan kaki sebagai kebutuhan maka Anda akan selalu semangat melakukan olahraga jalan pagi setiap hari tanpa perlu ada alasan penghambat.

Olahraga jalan pagi adalah olahraga paling mudah dan sederhana yang bisa dilakukan siapa pun tanpa kecuali. Tidak ada yang bisa membantu diri Anda untuk menjadi sehat, segar, dan bugar kecuali diri Anda sendiri. Kalau tidak dimulai dari sekarang mau kapan lagi? Semoga tips ini menginspirasi.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like