Inilah Filosofi Makanan Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara

Picture source: korea-lover.com

Halo, Miks!

Mengingat sebentar lagi adalah pergantian tahun, semua orang dari berbagai kalangan pasti merayakannya. Namun, di masa pandemi seperti sekarang perayaan tahun baru yang biasanya berkumpul beramai-ramai harus dibatasi, tetapi hal ini tentunya tak mengurangi serunya perayaan. Cara perayaannya pun masing-masing negara tidak sama dan sudah pasti identik dengan pesta makan ataupun kuliner. Mereka memiliki ciri khas masing-masing. Anda penasaran? Yuk, simak ulasan Makanan khas untuk perayaan tahun baru, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Barbeque Party—Indonesia

Negara Indonesi biasanya merayakan tahun baru dengan berkumpul bersama teman-teman atau keluarga dengan begadang semalam suntuk. Hidangan untuk begadang pun macam-macam. mulai dari pesta barbeque, snack, soft drink, dan untuk menambah keseruan juga tak ketinggalan dengan dilengkapi acara nonton film bareng, karaoke, ataupun gelar doa bersama.

Mi Soba—Jepang

Masyarakat Jepang di dalam merakan tahun baru wajib menyantap mi soba. Hal ini karena menurut orang Jepang mi soba yang berrbentuk panjang dan tidak putus mempunyai filosofi jika memakannya akan diberikan umur yang panjang dan kemakmuran. Mi soba berisi mi, kaldu yang ada gabungan rasa manis dan gurih, rumput laut/nori, serta telur. Makanan khas satu ini makin nikmat di santap saat keadaan masih panas

Ikan Hering—Polandia

Di Polandia ikan hering memiliki sisik keperakan yang dipercaya masyarakat Polandia sebagai lambang kekayaan dan kemakmuran. Jadi, tak heran jika saat tahun baru masyarakat Polandia membuat hidangan khas dengan sajian utama berupa ikan hering.

Buah Anggur—Spanyol

Masyarakat spanyol mempunyai ciri khas yang unik dalam merayakan tahu baru, yaitu memakan 12 buah anggur di detik pergantian tahun. Filosofi dengan memakan 12 buah diharapkan sebagai bentuk dapat melewati 12 bulan perjalan hidup yang manis seperti buah anggur.

Tteok-guk—Korea

Tteok-guk merupakan makanan berupa sup yang berisi irisan kue beras dengan bentuk panjang. Dalam perayaan tahun baru warga masyarakat korea wajib makan Tteo-guk sebagai simbol agar panjang umur.

Pangsit atau Mi dan Seekor Ikan

Saat perayaan tahun baru, orang Cina memiliki makanan khas yang wajib ada yaitu pangsit atau mi, dan ikan. Filosofi pangsit atau mi dipercaya orang cina sebagai lambang kekayaan dan ikan sebagai lambang kemakmuran dan rezeki.

Sayuran Hijau—Amerika Serikat

Di Amerika sayuran hijau merupakan menu wajib untuk perayaan tahun baru karena sayur memiliki warna yang hijau dan mengandung banyak protein, vitamin sebagai simbol kesehatan kesejahteraan dan kemakmuran.

Kransekage—Denmark

Kransekage merupakan makanan yang berupa kue yang terbuat dari biskuit, kembangu gula dicampur wine, dan biskuit. Ciri khas makanan ini di susun seperti menara dan dilengkapi dengan ornamen bendera.

Puding Nasi—Swedia

Makanan khas satu ini wajib ada di Swedia saat perayan tahun baru. Makanan ini disajikan dengan tambahan almond yang disembunyikan di dalam puding nasi. Dengan filosofi jika memakannya dan menemukan buah almond yang tersembunyi maka akan memperoleh keberuntungan sepanjang tahun tersebut.

Wiski, Roti hitam, dan Shortbread—Skotlandia

Acara tahun baru ini dirayakan dengan cara saling berkunjung dan membawa oleh-oleh antar tetangga dan menyajikan berbagai makanan tersebut. Makanan tersebut harus dilengkapi wiski, roti hitam, dan shortbread. Macam-macam makanan ini dipercaya sebagai simbol keberuntungan.

Demikian ulasan makanan khas perayaan tahun baru dari berbagai negara. Semoga dapat menambah wawasan dan menginspirasi Anda semua.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like