Inilah 7 Trik Memasak untuk Ibu Bekerja agar Tidak Terlambat

Source: pexels.com

Hi, Miks!

 Mampu memasak makanan sendiri untuk  keluarga merupakan kebanggan yang tak ternilai bagi seorang ibu. Selain itu, memasak makanan sendiri lebih menguntungkan dan menyehatkan daripada membeli makanan di luar atau makanan instan. Namun, dengan adanya perubahan zaman, banyak ibu-ibu yang bekerja di luar rumah, tetapi ini bukan berarti peran ibu juga berubah. Meskipun di rumah ada asisten rumah tangga, pastikan manajemen rumah tangga, mengurus anak, dan suami tetap berjalan dengan baik.

Seorang ibu yang bekerja sebisa mungkin harus dapat membagi waktu. Gunakan waktu yang tersisa dari kesibukan bekerja untuk mengurus rumah. Salah satunya mempersiapkan makanan untuk seluruh anggota keluarga. Bagaimana cara menyiasatinya? Berikut ini trik untuk menyiapkan makanan di rumah. Agar tidak terburu-buru dan terlambat masuk kerja.

1. Membuat List Menu

Banyak ibu yang merasa bingung dalam menentukan menu. Jangankan menu untuk satu minggu, menu untuk satu hari saja sering membuat pusing. Mulai sekarang, buat list menu minimal untuk satu minggu. Susun daftar menu bersamaan dengan membuat daftar belanja, misalnya di akhir pekan.

Menu sesuaikan dengan apa yang disukai anggota keluarga. Dengan menyusun menu terlebih dahulu, maka anda bisa belanja lebih cermat dan efisien sesuai dengan kebutuhan.

2. Menyiapkan Bumbu

Agar tidak menghabiskan waktu saat memasak, sebaiknya anda menyimpan bumbu-bumbu yang sudah dikupas dan dicuci bersih dalam  kulkas. Seperti bawang merah, bawang putih,  dan  cabai. Anda juga bisa menyiapkan bumbu dasar berupa bumbu giling, bawang putih , bawang merah, cabai, ketumbar, lada, dan  kemiri. Tahukah anda? Pada proses memasak yang paling lama adalah menyiapkan bumbu.

3. Menyiangi Sayuran Sebelum Dimasukkan ke Dalam Kulkas

Setelah selesai menyiapkan bumbu, anda tinggal menyiapkan sayuran. Semua sayuran dibersihkan, dicuci, kemudian dipotong-potong. Kelompokkan sayuran sesuai dengan daftar menu, masukkan dalam kantong, beri label, nama sayuran, dan tanggal menyimpan dalam kulkas.

4. Menentukan Jadwal Memasak

Jadwal memasak sesuaikan dengan keleluasaan waktu yang ada. Selain itu,  sesuaikan dengan jenis menu yang akan disiapkan. Sebagai ibu yang bekerja, pandai-pandailah mengatur waktu antara urusan dapur dengan kegiatan lainnya di rumah.

5. Pilih Menu Masakan yang Praktis

Memilih menu yang praktis merupakan langkah ibu yang terburu-buru, karena ingin segera berangkat kerja. Misalkan, anda bisa memasak menggunakan bumbu yang cukup diiris tipis-tipis, itu lebih praktis daripada menggunakan bumbu yang harus dihaluskan terlebih dahulu. Bisa menyingkat waktu, kan?

6. Buat Makanan dengan Porsi Kecil

Memasak dengan porsi kecil sangat membantu agar proses memasak lebih cepat selesai. Apalagi untuk keluarga yang setiap kali makan harus berbeda dengan menu sebelumnya. Porsi kecil ini juga cocok untuk anda yang  memiliki anggota keluarga sedikit.

7. Segerakan Bangun Tidur

Seorang ibu  hampir setiap hari bangun lebih dahulu dari pada anggota keluarga lainnya. Dengan bangun lebih dahulu, maka anda akan memiliki watu yang lebih leluasa untuk melakukan kegiatan pagi yang berurusan dengan rumah. Rasanya lega bukan bila anggota keluarga lain bangun, urusan rumah sudah selesai?

Bagaimana, mudah bukan memasak untuk keluarga? Rencanakan, siapkan bahan, dan waktu, lalu eksekusi memasak setiap hari. Keluarga sehat, keluarga bahagia. Selamat mencoba.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like