Intip Nasihat Emas Crazy Rich untuk Anak Muda

Picture source: FathulGhofur.cor

Hai, Miks!

Siapa tak kenal perusahaan ekspedisi Jalur Nugraha Ekakurir, alias JNE? Sepertinya layanan jasa pengiriman ini cukup dikenal dengan profesionalitasnya dari Sabang sampai Merauke. Lantas, siapakah beliau founder JNE?

Pria ini bernama Johari Zain atau lebih akrab dengan panggilan Pak Jo, lahir di Medan, Sumatra Utara, 1954. Pak Jo lahir dari keluarga pedagang Tionghoa yang menganut kepercayaan Budha. Beliau sendiri pernah mengenyam pendidikan di sekolah Katolik, kemudian memutuskan untuk pindah agama. Tepat pada tahun 1982, Pak Jo memutuskan untuk memeluk agama Islam.

Perjalanan beliau dalam dunia bisnis tidak berjalan singkat, bahkan beliau memulainya sejak remaja. Pak Jo memulai bisnis sebagai penjual majalah ketika SMP hingga saat ini menjadi pengusaha besar yang jasanya berhasil dinikmati ribuan manusia. Yuk, kita intip nasihat emas Pak Jo si Crazy Rich.

Tidak Perlu Terlarut dalam Kekecewaan

“Dalam kehidupan manusia selalu mengalami naik-turun, semua orang pasti mengalami. Suka dan duka itu tergantung bagaimana kita menghadapinya. Jika kita menganggap bahwa sesuatu yang tidak nyaman, kita tidak suka, maka itu bisa dikatakan duka. Namun, kalau kita paham semua ini terjadi karena Tuhan, sebenarnya kita tidak perlu merasa kecewa.” -Johari Zain.

Tentu saja perasaan kecewa pernah mendarat di setiap hati manusia, tetapi alangkah baiknya untuk tidak larut terlalu lama dalam perasaan itu. Ingatlah kembali siapa Sang Maha Pengatur segalanya, dengan meyakini takdir-Nya, semua bisa terasa indah dan baik-baik saja.

Memetik Hikmah dari Setiap Persoalan

Biasanya, anak muda cenderung bersikap egois dan mengikuti nafsu dalam dirinya. Dampaknya, ketika menemukan sebuah persoalan, kita sulit untuk bersabar sedikit dan mencari hikmah di dalamnya, padahal sikap memetik hikmah ini sangat penting untuk kita lakukan supaya tidak terus mengeluh.

“Bagi saya, ketika mengalami persoalan yang mengecewakan cukup menganggapnya sebagai bagian dari takdir. Sebuah keharusan yang harus saya alami dan harus saya terima. Ambil saja hikmahnya supaya kita tidak merasa dendam dengan orang lain, semua yang terjadi itu karena Tuhan, kok. Enggak perlu sakit hati juga. Lanjut saja dengan keyakinan pertolongan pasti datang.” -Johari Zain

Kesuksesan Berawal dari Berbuat Baik

“Nasihat saya kepada generasi muda, banyak orang ingin berbuat baik, tetapi mereka sering sekali berpikir bahwa mereka bisa berbuat baik jika mereka sudah sukses. Seperti banyak yang berkata, ‘saya akan menyantuni anak yatim, membangun rumah untuk orang tua, dan sebagainya.’ Semua keinginan baiknya itu akan dilakukan setelah sukses, padahal sukses itu berawal dari berbuat baik dahulu. Jadi, bukan sukses dahulu baru berbuat. Berbuat baik dahululah maka kamu akan sukses. Jadi, mulailah dengan kebaikan.”

Masyaallah, patut ditanamkan dalam diri bahwa kebaikan yang membawa kepada kesuksesan, dengan izin Allah. Lakukan kebaikan yang kita mampu, meski sedikit, tetapi ia tetap bernilai kebaikan.

Bagaimana? Siap menjalankan nasihat emas dari tokoh Crazy Rich ini, ya. Semoga kita senantiasa dalam perlindungan dan pertolongan Allah. Amin.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like