Inilah 9 Tips Menghilangkan Pusing Tanpa Obat-obatan

Picture source: klikdokter.com

Hai, Miks!

Saat sedang asyik melakukan rutinitas, seringkali pusing datang tiba-tiba dan itu sangat menganggu aktivitas kita, apalagi kalau pusingnya termasuk berat sehingga mengharuskan kita berhenti beraktivitas. Pada umumnya, pusing yang menghampiri disebabkan oleh faktor emosional dan psikologis, pekerjaan menumpuk, target tugas yang harus diselesaikan sesuai deadline, dan masih banyak faktor lainnya.

Kebanyakan orang memilih langsung minum obat di saat pusing menghampiri tanpa memikirkan efek samping yang mungkin kurang bagus untuk kesehatan. Akan tetapi, ada juga orang yang enggan mengonsumsi obat-obatan dengan berbagai alasan. Nah, Inilah sembilan tips menghilangkan rasa pusing secara alami dan efektif.

1. Minum Air Putih

Diketahui bahwa air mempunyai  peran penting untuk tubuh, di antaranya adalah bertugas pembawa zat-zat nutrisi seperti karbohidrat, vitamin, dan mineral, pembawa oksigen ke dalam sel-sel, serta membantu jantung dalam memompa darah dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Bila seseorang mengalami dehidrasi (kekurangan air) maka otot-ototnya akan tegang sehingga minum air yang cukup bisa meringankan rasa pusing. Perlu diketahui bahwa asupan air yang dibutuhkan adalah 3,7 liter sehari untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita.

2. Istirahat yang Cukup

Sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus, begitu pula sebaliknya. Setelah seharian beraktivitas maka tubuh kita pasti butuh istirahat. Tak jarang kita begadang dan lembur semalaman menyelesaikan tugas-tugas sehingga waktu istirahat tidak cukup dan itu bisa menyebabkan pusing. Jadi, pastikan kita mendapatkan waktu tidur yang cukup untuk mengurangi rasa pusing yang tidak diharapkan.

3. Kompres

Melakukan kompres air hangat  atau mandi air hangat bisa mengurangi rasa pusing dan ketegangan otot  karena stres. Dengan demikian, peredaran darah serta kinerja saraf pun lancar kembali.

4. Oleskan Minyak Hangat

Minyak angin yang memiliki aroma yang Anda sukai atau minyak angin roll on aromaterapi bisa dioleskan di kedua pelipis sambil dipijat ringan. Ini merupakan salah satu cara mengurangi rasa pusing.

5. Minum Teh atau Kopi

Mengonsumsi kafein dalam dosis yang tidak berlebihan akan mengurangi rasa pusing. Menghirup aroma teh atau kopi pun bisa membantu meringankan rasa pusing, meningkatkan suasana hati, dan kewaspadaan serta membuat tubuh segar kembali.

6. Relaksasi

Sering tidak kita sadari bahwa salah satu penyebab pusing adalah stres yang sulit kita hindari. Nah, untuk meringankan pusing bisa dilakukan relaksasi sejenak, misalnya bangun dari tempat duduk setelah berjam-jam di depan komputer atau berjalan-jalan di sekitar tempat tinggal guna mendapatkan udara segar. Lakukan gerakan-gerakan ringan pada kepala dan kedua tangan.

7. Jauhi Bau yang Sangat Menyengat

Bila Anda termasuk orang yang sensitif terhadap bau tertentu, misalnya, parfum, produk pembersih lantai, sabun, atau lainnya,  lebih baik  hindari untuk menciumnya karena bau yang kuat akan menyebabkan rasa pusing.

8. Hindari Cahaya yang Terlalu Terang

Sebagian orang sangat sensitif terhadap cahaya terang, salah satunya dari layar gawai yang bisa menyebabkan pusing.  Oleh karena itu, redupkanlah layar gawai  atau lampu ruangan. Pakailah kaca mata hitam bila sedang di luar siang hari.

9. Hindari Tekanan pada Kepala

Tanpa kita sadari, mengikat rambut terlalu kuat atau memakai bandana yang terlalu ketat akan menyebabkan rasa pusing. Oleh karena itu, sebaiknya dilonggarkan saat memakainya.

Kesibukan Anda sebagai wanita karier dan juga seorang ibu yang mengurus rumah tangga dan anak-anak jangan sampai membuat Anda lupa menjaga kesehatan. Nah, bila Anda  tiba-tiba dihampiri pusing yang tak tertahan, lakukan tips di atas untuk mengurangi gejalanya.

Menghilangkan rasa pusing tidak harus menggunakan obat. Tanpa konsumsi obat-obatan pun pusing bisa reda, lo. Selamat beraktivitas, Miks!

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like