Kenapa Bisnis Kuliner Tak Pernah Mati? Ini 6 Alasannya!

Picture source: masakapahariini.com

Halo, Miks!

Saat ini, sudah  menjadi rahasia umum bahwa bisnis kuliner makin berkembang pesat. Banyak warung, rumah makan, dan cafe bermunculan di mana-mana seperti tumbuhnya jamur di musim penghujan. Makanan dan minuman yang dijual pun sangat beragam dengan harga yang bermacam-macam pula. Pada akhirnya semua akan kembali ke selera Anda masing-masing sebagai penikmat rasa.

Melihat fenomena ini jelas bukan tanpa alasan. Serumit apa pun permasalahan ekonomi di suatu negara,  bisnis kuliner selalu saja menjadi incaran banyak orang. Mungkin Anda adalah salah satu dari mereka yang ingin sekali menekuni bisnis kuliner. Pasti juga sudah banyak yang mengetahui bahwa bisnis di bidang kuliner sangat menjanjikan keuntungan yang berlipat ganda dibanding dengan bidang usaha lainnya.

Selain karena rata-rata harga bahan baku pembuatannya sangat terjangkau, produk kuliner ini juga ditentukan oleh keterampilan pembuatnya. Anda dituntut kreatif menciptakan produk kuliner dengan rasa yang lezat dan disukai, sehingga harga jual bisa melambung tinggi meskipun dibuat dari bahan baku yang sangat sederhana.

Nah, agar Anda semakin mantap mengambil keputusan, di bawah ini ada 6 alasan yang membuktikan bahwa bisnis kuliner adalah bisnis yang tidak akan pernah mati.

1. Bisa dengan Modal Sedikit

Modal selalu menjadi alasan utama yang dipikirkan oleh orang yang berniat menjalankan usaha, termasuk salah satunya adalah usaha kuliner. Anda tidak perlu khawatir karena hanya dengan modal di bawah 500 ribu saja Anda sudah bisa mengawali bisnis kuliner dari rumah. Carilah bahan dasar yang tidak mahal dan bisa didapatkan dengan mudah sehingga pada saat menentukan harga jual pun tidak terlalu sulit.

2. Semua Orang Membutuhkan Makan

Makan adalah kebutuhan dasar manusia yang tidak akan pernah berubah sampai kapan pun. Baik makanan berat atau ringan, sedang diet atau tidak, kondusi lapar atau tidak, setiap orang pasti membutuhkannya karena penting sebagai energi atau tenaga agar bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

Tanpa makanan atau minuman, pasti akan lemas tak berdaya. Jadi, kuliner akan selalu menjadi pilihan orang dalam berbisnis. Namun, ada hal lain yang tidak boleh disepelekan adalah soal rasa, kemasan, dan pelayanan. Don’t worry, strategi-strategi khusus itu bisa dipelajari.

3. Menyalurkan Hobi

Ada ungkapan bahwa “Pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar.” Nah, apabila Anda mempunyai hobi memasak dan selalu penasaran mencoba resep baru, maka menjalankan bisnis kuliner adalah pilihan yang sangat tepat.

Bermula dari sekadar hobi kemudian bisa menjadi bisnis yang mendatangkan penghasilan tambahan adalah hal yang luar biasa. Suatu pekerjaan akan terasa lebih menyenangkan karena Anda mengerjakan sesuatu yang disukai.

4. Tidak (terlalu) Perlu Menyewa Tempat

Apabila modal Anda sangat terbatas maka tempat bukanlah prioritas utama. Cukup dengan produksi memang harus di rumah dan manfaatkan teras rumah sebagai tempat jualan atau pasarkan secara daring melalui media sosial.

Saat ini, apalagi masa pandemi sudah semakin banyak bisnis kuliner yang dijalankan melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. Jangan lupa, sebelum dipasarkan secara meluas akan lebih baik dilakukan tes rasa dahulu dengan cara membagikan ke beberapa tetangga atau teman kantor. Minta feedback dari mereka.

  5. Strategi Pemasaran Mudah Dipelajari

Banyak cara atau strategi pemasaran yang bisa dipelajari melalui media apa pun. Beberapa hal yang penting adalah dengan membuat kemasan makanan yang menarik, nama makanan yang unik, dan membagikan sampel  produk, bahkan harus selalu terbuka terhadap masukan atau kritikan. Ada lagi yang lain adalah dengan sesekali membuka momen promo beli dua mendapat gratis satu, misalnya.

  6. Bahan Mudah Didapatkan

Memulai bisnis kuliner, Anda pasti membutuhkan bermacam-macam bahan baku untuk membuat makanan atau minuman. Nah, saat ini banyak sekali toko atau pasar yang menyediakan beragam bahan makanan, bahkan bumbu-bumbu masakan sebagai pendukungnya.

Ingat, kekayaan alam negeri kita ini sangat melimpah ruah. Anda bisa membeli langsung ke petaninya. Ini bisa menjadi salah satu keuntungan bagi Anda yang ingin mengawali bisnis kuliner.

Jangan pernah ragu untuk mengawali sesuatu. Dalam bisnis, mengalami kerugian itu hal yang biasa terjadi. Jangan mudah menyerah dan selalu siap untuk belajar atau mencari ilmu dari orang-orang yang sudah sukses menjalani bisnisnya. Semoga menginspirasi.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like